Lagu Batak

Tentang : Artis, Pencipta, Musisi, Produser, Penikmat, Syair

Belajar Aksara Batak dengan Bersenandung

with one comment

Saya buta tentang aksara (tulisan) batak karena saya tidak pernah mempelajarinya maka sama sekali tidak dapat membaca satu huruf pun, kemudian saya membayangkan orang orang yang dibawah umur saya dan mungkin jauh dari pengetahuan tentang “habatak on”, rasanya miris dan menyesal, kenapa saya tidak pernah belajar? dan apa sebenarnya kegunaan nya bagi saya?.

Dalam beberapa hari ini saya mempertimbangkan untuk membuat salah satu produksi (album) batak dengan judul Belajar Aksara Batak dengan Bersenandung. album ini direncanakan 60% mengajarkan materi tentang aksara batak dan beberapa umpasa didalamnya (termasuk interaksi instruktur) dan 40% adalah bentuk lagu batak dari beberapa penyanyi, sekaligus pada teks lagunya akan menuliskan huruf batak.

aksara batak

Sebenarnya ide ini datang dari betapa gigihnya salah satu rekan di Facebook, Bungaran Supratman Simanjuntak memperkenalkan betapa pentingnya aksara batak itu bagi generasi muda, sampai dia dapat membuat software khusus yang dapat di-upload agar aksara batak dapat dipelajari sendiri dimana pun kita berada. Sungguh usaha yang perlu mendapat appresiasi. Kemudian saya merencanakan materi aksara batak akan saya serahkan kepada beliau dengan bantuan dari beberapa tokoh-tokoh adat batak yang melek IT.

Biaya untuk pembuatan album tersebut tidak lah sedikit, karena saya sedang mempersiapkan 2 (dua) album batak sekaligus, maka dana dan kemampuan saya terkuras dan agak sedikit memaksakan diri untuk meneruskan rencana ini, namun karena waktu dan kesempatan kelihatannya sekarang lah yang tepat, maka mau tidak mau proyek ini akan dilanjutkan.

Atas pertimbangan diatas, saya sebagai penggagas ide tersebut bermaksud untuk menyampaikan hal ini kepada anda yang merasa perlu untuk pelestarian budaya tersebut, dan tentu yang dapat menyisihkan sedikit demi sedikit dana untuk proses pembuatan album tersebut. Mohon kiranya partisipasi dananya.

Sebagai “balas jasa” atas partisipasi tersebut, maka kami akan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada para “donatur” untuk promosi dalam paket album tersebut. Bagaimana proses kelanjutannya dapat dibicarakan kemudian.

Tata cara untuk turut berpartisipasi dapat meng-klik “donasi” pada kolom yang terdapat disebelah kanan pada blog ini dan membubuhkan berapa pun nilainya sangat berharga.

Mauliate

Written by lagubatak

August 14, 2010 at 10:21 am

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. okay ..
    mantap broo

    Jhon Jabat

    February 2, 2011 at 7:18 am


Leave a Reply

