Lagu Batak

Tentang : Artis, Pencipta, Musisi, Produser, Penikmat, Syair

Sinaga Bersaudara

with one comment

Saya terusik dari beberapa email dan pesan dari beberapa pengunjung untuk menulis lagi artikel tentang trio trio batak yang sedang aktif sekarang ini bahkan yang pernah aktif sekedar meramaikan kancah dunia lagu batak hari hari sebelumnya. Dan kebetulan hari libur yang panjang ini membuat waktu saya cukup untuk memnulisnya dengan tujuan sekedar berbagi informasi yang ada pada saya yang mungkin perlu juga diketahui khalayak ramai.

Sinaga bersaudara disingkat dengan 7naga, yang dalam bunyi notasi nada ‘7’ adalah ‘si’ maka tersebutlah 7naga untuk menabalkan nama dari Sinaga Bersaudara untuk ikut meramaikan kancah dunia lagu batak, group ini berdiri sejak tahun 1989 dengan beranggotakan Maruli Sinaga, (alm) A. Benny Sinaga dan Johan Sinaga. Jika anda adalah penggemar lengkingan power vocal yang mendayu dayu dipadu dengan vocal falset yang cukup tajam namun menyayat hati group ini adalah salah satu contoh yang memiliki perpaduan tersebut dan merupakan vocal yang nikmat didengar apabila lagu yang dipilih adalah berthema andung andung.

Ada beberapa keunggulan group ini yang lebih dominan, diantaranya adalah seperti yang saya telah sebutkan sebelumnya perpaduan lengkingan leader vocal yang dilakoni Maruli Sinaga dengan lapisan vocal falset dari Johan Sinaga yang dipercaya sebagai suara 3. Disamping itu juga dalam formasi suara 2 dipercayakan kepada sang pencipta lagu kawakan pada jamannya yakni (alm) A. Benny Sinaga yang terkenal dengan lagunya Lobi Sappulu Taon, bahkan dalam album pertama mereka lagu yang mereka bawakan seluruhnya adalah lagu hasil karya A. Benny Sinaga (termasuk didalamnya adalah Lobi Sappulu Taon).

Perjalanan karir mereka tidak banyak yang mengetahui selain dari orang-orang yang betul betul mengerti bagaimana bisnis kaset pada zamannya, karena disamping mereka tidak begitu aktif untuk mengikuti show-off pada acara acara tertentu seperti layaknya penyanyi penyanyi lainnya. Karena mereka lebih tertarik dalam bisnis diluar tarik suara bahkan lebih cenderung mengandalkan bahwa dunia tarik suara adalah sebagai penopang bisnis lainnya bahkan jika malu disebut sebagai sekedar untuk memuaskan hobby yang telah mengalir dalam tubu mereka.

Sebelum A. Benny Sinaga menghembuskan nafas yang terakhir pada tahun 2005 yang lalu, mereka sempat menerbitkan tidak kurang dari 3 album. 2 album dalam pop tapanuli dan 1 album kemudian diterbitkan dalam pop kenangan indonesia. Jika diantara anda ada yang mengenal sosok Abi Besok, seorang pengusaha taipan yang berdomisili di Tanjungbalai, maka mereka cenderung akrab, bahkan dalam beberapa klip album pop indonesia mereka, lokasi yang diambil adalah lokasi dimana rumah Abi Besok yang berada di Tanjungbalai, hal itu menandakan bahwa kehadiran mereka dalam kancah dunia tarik suara dapat menarik perhatian dari kalangan pengusaha taipan.

Pada tahun tahun dimana Sinaga Bersaudara sedang menerbitkan albumnya, Maruli Sinaga mencoba menapaki berbagai bisnis,t ermasuk didalamnya adalah sebagai Propotor Tinju Profesional yang bergabung dan bekerja sama dengan promotor tinju Turino Tidar di Jakarta, mereka sempat menerbitkan petinju petinju handal yang dapat bertanding di kancah dunia internasional. Namun saya kurang mengikuti perkembangannya setelah mereka membuka usaha baru diluar promotor tinju.

Bahkan belakangan Maruli Sinaga pernah mencoba ikut dalam kompetisi menjadi salah satu calon Bupati di Samosir dan kalah pada tahun 2005, dan khabarnya beliau juga ikut kembali dalam kancah pemilihan orang nomor satu dalam pemerintahan di kabupaten Samosir tersebut.

Sekarang ini mereka telah menekuni karir masing masing setelah A. Benny Sinaga tiada, sedangkan Johan Sinaga terlihat bersama Trio Sandos yang telah menerbitkan 2 album pop tapanuli.

Written by lagubatak

May 29, 2010 at 11:04 am

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. Very indepth analysis of the current issue and up to date information.

    Aqeel

    June 26, 2010 at 3:46 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: