Lagu Batak

Tentang : Artis, Pencipta, Musisi, Produser, Penikmat, Syair

Anda Tertarik menjadi Produser Rekaman?

leave a comment »

Tidak lah sulit menjadi seorang produser dalam dunia rekaman lagu, film, buku dan lain sebagainya. Anda tidak perlu repot repot untuk memikirkan/mengurus segala izin izin produksi seperti yang dibayangkan banyak orang selama ini.

Yang anda butuhkan adalah sesuatu keahlian khusus untuk membuat/memproduksi sebuah ide yang cukup untuk dijual ke masyarakat dan tentunya modal finansial, tetapi tidak terlalu banyak.

Saya akan mencoba membagi sedikit tips bagaimana menjadi seorang produser dalam dunia rekaman lagu.

Katakanlah selama ini anda mempunyai cita cita yang sudah cukup lama tapi belum terwujud, ingin memproduksi sebuah album pribadi/orang lain. namun anda masih terkendala melaksanakan cita cita tersebut karena anda merasa bahwa melakukan semua itu harus membutuhkan proses yang panjang dan biaya yang tidak sedikit.

Tips ini mencoba untuk memotong kesulitan tersebut agar bisa dengan segera anda lakukan semudah anda menyetir mobil yang tadinya menurut anda sulit untuk dilakukan.

Dalam dunia rekaman untuk komersial memang dibutuhkan izin izin produksi layaknya sebuah badan usaha, hal ini dibutuhkan apabila anda memang sudah benar benar serius untuk melakukannya dengan skala yang cukup besar, usaha inilah yang nantinya dapat berhubungan dengan pabrik pabrik pencetak, pengurusan pajak, pendistribusian dan kontrak kerja dengan pihak pihak lain. oops… anda tidak perlu mengurus semua ini, anda cukup bekerja sama dengan mereka untuk melakukan aktifitas tadi, dengan kata lain biar mereka yang melakukannya untuk anda, yang dibutuhkan dari anda hanya membuat produk yang menurut anda layak untuk didengar oleh orang banyak.

Saya akan mencoba membagi tips bagaimana produser umumnya untuk melaksanakan sebuah produksi untuk membuat sebuah album rekaman (lagu batak) :

. Honor penyanyi (harga bervariasi) – 0 s/d 50jt per album

. Uang Lagu (Royalti/Pencipta) – biasanya Rp. 1.000.000 per buah lagu – 10 lagu

. Honor Musisi Rp. 7.500.000,- per album

. Sewa pemakaian Studio rekaman – 1 shift Rp. 500.000,- (1 album minimal 14 shift)

. pembuatan video clip – medium price – Rp. 7.500.000,- (include shooting & editing)

Jumlah diatas tidak termasuk dengan biaya konsumsi selama proses rekaman dilakukan, namun itu tergantung bagaimana anda menyikapinya.

Dari hitungan diatas, dapat dipastikan jika anda memiliki tabungan (Rp. 40jt). dan jika jumlah uang tersebut lebih rendah dari nilai cita cita anda selama ini, maka anda dapat melakukannya dengan sepuasnya.

Selanjutnya?

Setelah anda melakukan proses diatas, agar anda tidak terbebani lagi dengan biaya biaya lain agar produksi anda layak untuk dipasarkan. Anda dapat menjalin kerjasama dengan pihak Label Produser untuk proses cetak & distribusi kepasar, maka anda disebut sebagai Executive Produser dan anda dapat membuat nama anda sebagai “soalagogo production”.

Distribusi

Biasanya prosesnya tidak begitu sulit : Label Produser akan menyuruh anda untuk mencetak cover (sampul kaset/vcd) dengan jumlah tertentu dan menyerahkan master audio/vcd yang telah anda hasilkan yang siap untuk diperbanyak atau digandakan.

Kalau cover vcd anda diharga dengan Rp. 2.500/cover dan Label Produser meminta anda cetak pertama 5.000 lembar, maka anda sudah mengantungi Rp. 12.500.000 dalam transaksi pertama, jika ide anda cemerlang dan orang banyak suka dengan ide itu, anda menghitung sendiri berapa margin yang akan anda kantungi.

horas,
bj

Written by lagubatak

May 2, 2009 at 3:24 am

Posted in Uncategorized

Tagged with

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: