Lagu Batak

Tentang : Artis, Pencipta, Musisi, Produser, Penikmat, Syair

Keluar Kau..!!

leave a comment »

Sebutlah namanya si Tigor, pemuda Batak yang punya kesempatan untuk menimba ilmu Tehnik Elektro di negeri Jerman dengan bea siswa dari pemerintah. Setelah menamatkan sekolah di Jerman pulanglah si Tigor ke kampung halaman.

 

Seperti si doel yang sudah tamat sekolah insinyur dia diselamatin … begitu juga si Tigor ini karena rasa bersyukur, bapaknya Tigor mengundang semua kerabat dan saudara, ompung, tulang, namboru, dsb. dsb. diundangnya untuk selamatan bahwa si Tigor sudah insinyur dari Jerman pulak.

 

Setelah selesai acara keluarga, kilang padi (rice mill) bapaknya si Tigor mogok (maklum mesin tua..). sambil berlari ngos-ngosan kenek kilang datang menghampiri Bapaknya si Tigor.

 

 

Kenek          : Toke.. kilang kita mogok tidak bisa menggiling padi orang .. harus diperbaiki segera!

 

 

Bapaknya Tigor : Ah… dasar mesin tua .. mogok terus! tapi…. (tiba-tiba dia ter-henyak .. oh.. anakku sudah insinyur pasti dia bisa perbaiki pikirnya), maka dipanggilnya keras-keras si Tigor supaya semua orang tahu bahwa si Insinyur Tigor akan disuruh untuk memperbaiki mesin tua kilang Bapaknya.

 

 

Bapaknya Tigor : Tigor !! sini kau

Tigor          : ada apa pa’

Bapaknya Tigor : Ayo dulu sebentar ke kilang … katanya mesinnya mogok, supaya kau perbaiki dulu.

 

 

Seperti kerbau dicucuk hidungnya si Tigor menurut tanpa bisa ba..bi..bu, sampai dikilang, sitigor disuguhi mesin tua tadi untuk diperbaiki, tentu saja dia kelimpungan blepotan oli/solar tanpa bisa memperbaiki apapun.

 

Tentulah Bapaknya melihat hal ini aneh. dan langsung bertanya.

 

 

Bapaknya Tigor : Katanya kau insinyur lulusan jerman tapi hanya memperbaiki mesin tua aja tidak bisa.. Insinyur apa itu!! (mulai kesal dia).

 

Tigor          : Bukan begitu pa’ khan bagian-bagiannya lain yang ini namanya Mekanik sedangkan yang kupelajari itu Elektro.

 

 

Bapaknya Tigor : Ah.. sae dodak, cobalah kau ceritakan dulu apa saja yang kau lihat di Jerman sana.

 

 

Tigor          : Kalau di Jerman pa’ semua sudah serba canggih tak ada lagi mesin seperti ini, contohnya : aku jalan-jalan di suatu pabrik, buah-buahan masuk dari pintu sana. nah… keluar dari sana sudah jadi kaleng, namanya buah kaleng!! (bapaknya agak tertegun!), terus aku lihat lagi masuk tepung…. eh… keluar keluar sudah kaleng, itu Roti kaleng! (bapaknya mulai gusar!). pokoknya serba kaleng lah, masuk ini, masuk itu – nanti keluar sudah jadi kaleeeng!.

 

Bapaknya Tigor : bangkit dari tempat duduknya, sambil menunjuk ke arah Tigor, Hei… tigor, kau jangan bikin aku marah yaaa!! jauh-jauh kau disekolahkan pemerintah ke Jerman sana. hanya melihat seperti itu sudah kau bilang canggih.

 

 

Dikampung ini… dirumah… sebentar saja ini masuk… (sambil menunjuk ke bawah perutnya yang buncit itu) ketempatnya bersarang ….. KELUAR KAU!.

 

Si Tigor ???!.

Written by lagubatak

December 31, 2008 at 7:22 am

Posted in BATAK, humor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: