Lagu Batak

Tentang : Artis, Pencipta, Musisi, Produser, Penikmat, Syair

Trio Santana

with one comment

Mereka (Trio Santana) bisa menjawab sekaligus merubah pendapat dan pola pikir banyak kalangan artis/pengamat, bahwa sebuah trio agar bisa tenar dan bisa bertahan lama diminati pendengar  1), harus utuh atau tidak gonta ganti pasangan, 2). harus mempunyai hits lagu (artinya mereka yang pertama mempopulerkan lagu tersebut) agar dapat dikenang dan menjadi bahan pembicaraan, 3). Salah satu dari personil trio tersebut  sebaiknya dapat mencipta lagu (dalam artian masuk dalam nominasi bukan karena ada nepotisme).

Personil Trio Santana pertama muncul adalah terdiri dari : Gun Silalahi, Sudi Silalahi dan Joan Polado Sitorus, khusus nama terakhir ini disadari atau tidak, apabila dia membuat satu trio selalu sukses ironisnya setelah dia meninggalkan group tersebut, beliau mengundurkan diri dari Trio Santana setelah mereka menyelesaikan 2 album dan nama Trio Santana membumbung sampai ketingkat atas dalam peredaran vcd/kaset. Sebut saja sebelum dia masuk dalam Trio Santana, dia adalah orang pertama yang membidani berdirinya Trio Andesta (Joan Polado Sitorus, Benget (Ari) Manurung dan Goodwill Pakpahan), kemudian setelah dia menginggalkan Trio Santana dia berhasil membawa satu trio yakni Labarata (Joan Polado Sitorus, Toni Simarmata dan William Naibaho) dan sungguh mencengangkan penjualan album mereka mampu bersaing dengan trio trio papan atas walaupun keberadaan mereka silent artist tanpa banyak shouw dan publikasi seperti yang lainnya. Setelah itu dia kembali membentuk trio baru dengan nama 3 Marga (Joan Polado Sitorus, Johny Manurung dan William Naibaho), suatu saat saya akan menulis khusus nama beliau ini sebagai rasa simpati yang dalam.

Trio Santana belum dan hampir tidak pernah mempopulerkan sebuah lagu dari pertama sekali lagu itu dicipta sang pencipta (seperti Trio Ambisi dengan Unang Ahu Solsoli), namun mereka banyak suskes menyanyikan lagu yang tadinya tidak begitu populer dibawakan oleh group lain, tetapi setelah mereka menyanyikannya kembali dengan aransemen baru, tak diduga lagu tersebut bisa terkenal dan nama merekalah yang tercatat sebagai yang berhasil. Tercatat beberapa lagu yang cukup diminati anak anak muda beberapa waktu yang lalu, Andung Andung Anak Siampudan, Sigura Gura, Au do Nahusolsoli, Arbab, Pujima Debata, dan banyak lagu yang tidak dapat saya hafal yang membawa mereka menjadi populer sampai sekarang ini. Tapi secara jujur diakui bahwa formasi vocal mereka dalam dunia rekaman cukup memukau. Suatu ketika ada yang bertanya kepada sang penata vocal mereka yakni Tigor Panjaitan (personil Trio Maduma), apakah Trio Maduma tidak khawatir apabila eksistensi mereka tersingkirkan oleh keberadaan Trio Santana, karena formasi vocal yang mereka bawakan hampir sama persis, perbedaannya sedikit diantara Trio Maduma dan Trio Santana, Trio Maduma mempunyai suara alto (suara dua) yang dominan dan tidak dapat membawakan lagu lagu solo yang warna vocal lengkingan tinggi, tapi Trio Santana ada keunikan, justru Sudi Silalahi yang mempunyai lengkinang tinggi itu dimasukkan dalam formasi alto, namun tiba pada saat pengambilan vocal solo yang tinggi dia diberikan tempat karena personil mereka yang ditugaskan untuk suara tiga (dalam koor) tidak dapat melakukannya dengan baik, karena lengkingan suaranya falset atau yang biasa disebut kill.

Hampir tidak ada personil Trio Santana yang dianggap mampu untuk mencipta lagu yang terbilang tenar, memang ada satu dua yang mereka ciptakan dalam album mereka sendiri, tapi belum dapat mensejajarkan mereka dengan keberadaan personil Trio Lamtama Hady Rumapea dengan beberapa lagu hitsnya.

Namun jika diamati, ada beberapa hal yang harus dicermati dari keberadaan Trio Santana, Produser mereka mungkin melihat kelemahan yang sedang dialami trio ini, hampir beberapa album belakangan ini mereka tidak berhasil mengangkan pasar mereka seperti peredaran kaset/vcd mereka sebelum sebelumnya. Maka terjadilah perubahan nyata, bahwa trio ini sepertinya dikhususkan untuk membawa lagu lagu rohani dan natal, karena jauh pamor dengan Trio Lamtama dalam blantika lagu lagu batak, kebetulan produser yang menangani Trio Santana adalah sama juga yang memiliki Trio Lamtama dalam dunia kaset/vcd.

 Album terakhir yang dibawakan oleh Trio Santana (Unang Parsanggul Bane Bane) merupakan contoh kegagalan group ini dipasaran, bila diamati dari dekat hampir tidak ada perbedaan formasi vocal dan gambar yang terjadi tetapi terdapat perbedaan drastis penjualan kaset/vcdnya.

Personil Trio Santana (Gun Silalahi, Sudi Silalahi dan Edward Sitohang)

 

bersambung………….

Written by lagubatak

December 17, 2008 at 9:21 am

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. ada ga nsp nya lagu trio santana yang judulnya MOLO MAROKKAP tolong beri tahu dong……………….

    stan

    January 15, 2009 at 10:43 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: