Lagu Batak

Tentang : Artis, Pencipta, Musisi, Produser, Penikmat, Syair

Trio Santana

with 61 comments

Mereka (Trio Santana) bisa menjawab sekaligus merubah pendapat dan pola pikir banyak kalangan artis/pengamat, bahwa sebuah trio agar bisa tenar dan bisa bertahan lama diminati pendengar  1), harus utuh atau tidak gonta ganti pasangan, 2). harus mempunyai hits lagu (artinya mereka yang pertama mempopulerkan lagu tersebut) agar dapat dikenang dan menjadi bahan pembicaraan, 3). Salah satu dari personil trio tersebut  sebaiknya dapat mencipta lagu (dalam artian masuk dalam nominasi bukan karena ada nepotisme).

Personil Trio Santana pertama muncul adalah terdiri dari : Gun Silalahi, Sudi Silalahi dan Joan Polado Sitorus, khusus nama terakhir ini disadari atau tidak selalu meniggalkan nama trio akan berkibar belakangan setelah dia hengkang dari group tersebut, beliau mengundurkan diri dari Trio Santana setelah mereka menyelesaikan album volume 1 dan nama Trio Santana membumbung sampai ketingkat atas dalam peredaran vcd/kaset. Sebut saja sebelum dia masuk dalam Trio Santana, dia adalah orang pertama yang membidani berdirinya Trio Andesta (Joan Polado Sitorus, Benget (Ari) Manurung dan Goodwill Pakpahan), kemudian setelah dia menginggalkan Trio Santana dia berhasil membawa satu trio yakni Labarata (Joan Polado Sitorus, Toni Simarmata dan William Naibaho) dan sungguh mencengangkan penjualan album mereka mampu bersaing dengan trio trio papan atas walaupun keberadaan mereka silent artist tanpa banyak shouw dan publikasi seperti yang lainnya. Setelah itu dia kembali membentuk trio baru dengan nama 3 Marga (Joan Polado Sitorus, Johny Manurung dan William Naibaho), suatu saat saya akan menulis khusus nama beliau ini sebagai rasa simpati yang dalam.

Trio Santana belum dan hampir tidak pernah mempopulerkan sebuah lagu dari pertama sekali lagu itu dicipta sang pencipta (seperti Trio Ambisi dengan Unang Ahu Solsoli), namun mereka banyak suskes menyanyikan lagu yang tadinya tidak begitu populer dibawakan oleh group lain, tetapi setelah mereka menyanyikannya kembali dengan aransemen baru, tak diduga lagu tersebut bisa terkenal dan nama merekalah yang tercatat sebagai yang berhasil. Tercatat beberapa lagu yang cukup diminati anak anak muda beberapa waktu yang lalu, Andung Andung Anak Siampudan, Sigura Gura, Au do Nahusolsoli, Arbab, Pujima Debata, dan banyak lagu yang tidak dapat saya hafal yang membawa mereka menjadi populer sampai sekarang ini. Tapi secara jujur diakui bahwa formasi vocal mereka dalam dunia rekaman cukup memukau. Suatu ketika ada yang bertanya kepada sang penata vocal mereka yakni Tigor Panjaitan (personil Trio Maduma), apakah Trio Maduma tidak khawatir apabila eksistensi mereka tersingkirkan oleh keberadaan Trio Santana, karena formasi vocal yang mereka bawakan hampir sama persis, perbedaannya sedikit diantara Trio Maduma dan Trio Santana, Trio Maduma mempunyai suara alto (suara dua) yang dominan dan tidak dapat membawakan lagu lagu solo yang warna vocal lengkingan tinggi, tapi Trio Santana ada keunikan, justru Sudi Silalahi yang mempunyai lengkinang tinggi itu dimasukkan dalam formasi alto, namun tiba pada saat pengambilan vocal solo yang tinggi dia diberikan tempat karena personil mereka yang ditugaskan untuk suara tiga (dalam koor) tidak dapat melakukannya dengan baik, karena lengkingan suaranya falset atau yang biasa disebut kill.

Hampir tidak ada personil Trio Santana yang dianggap mampu untuk mencipta lagu yang terbilang tenar, memang ada satu dua yang mereka ciptakan dalam album mereka sendiri, tapi belum dapat mensejajarkan mereka dengan keberadaan personil Trio Lamtama Hady Rumapea dengan beberapa lagu hitsnya.

Namun jika diamati, ada beberapa hal yang harus dicermati dari keberadaan Trio Santana, Produser mereka mungkin melihat kelemahan yang sedang dialami trio ini, hampir beberapa album belakangan ini mereka tidak berhasil mengangkan pasar mereka seperti peredaran kaset/vcd mereka sebelum sebelumnya. Maka terjadilah perubahan nyata, bahwa trio ini sepertinya dikhususkan untuk membawa lagu lagu rohani dan natal, karena jauh pamor dengan Trio Lamtama dalam blantika lagu lagu batak, kebetulan produser yang menangani Trio Santana adalah sama juga yang memiliki Trio Lamtama dalam dunia kaset/vcd.

 Album terakhir yang dibawakan oleh Trio Santana (Unang Parsanggul Bane Bane) merupakan contoh kegagalan group ini dipasaran, bila diamati dari dekat hampir tidak ada perbedaan formasi vocal dan gambar yang terjadi tetapi terdapat perbedaan drastis penjualan kaset/vcdnya.

Personil Trio Santana (Gun Silalahi, Sudi Silalahi dan Edward Sitohang)

 

bersambung………….

Written by lagubatak

December 17, 2008 at 9:28 am

61 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Paling suka lagu trio santana yg holong ni Tuhan,anggota nya yg gondrong siapa ya?

    Donna Tobing

    November 26, 2014 at 6:24 am

  2. Setiap ada album santana terbaru saya selalu cari..terakhir” marmengo mengo”.klu bisa ada trus kaset terbarunya.mantaff

    binsar sihombing

    March 4, 2014 at 4:27 pm

  3. trio santana

    okey bnget

    salman sihombing

    November 29, 2013 at 5:35 pm

  4. trio santana (y)

    salman sihombing

    November 29, 2013 at 5:34 pm

  5. senang dengr trio santana,

    nely rahayu

    July 26, 2013 at 6:15 am

  6. LAE ADIGAN DO ROHAMU TU BANGKA BELITONG ASA MULAK AU SIAN MALAYSIA MASIHOL AU TU HAMU NA

    candra tamba

    December 23, 2012 at 7:05 am

  7. horas ma di hamu…………………!

    ranto123

    December 15, 2012 at 12:06 am

  8. Trio santana jadi lah Trio yg di gandrungi orang-orang batak, klu bisa mengeluakan album pop melayu. Sprti Trio trio lain. Mauliate buat personil trio santana. Dari penggemar mu. G siagian./ H. Boru silalahi Rawa roko. Bksi. Salam dari keluarga sukses sllu.

    G.siagian

    November 10, 2012 at 12:58 am

  9. Trio santa ,smoga jaya terus, aku tertarik lagu Pulungan ni ubat, klu bisa Trio santana membuat album album yg sangat menarik perhatian masyarakat batak, khususnya yg di rantau . Sukses sllu buat Tri santana. Gbu….

    G.siagian

    November 10, 2012 at 12:45 am

    • saya suka lgu trio santana,

      nely rahayu

      July 26, 2013 at 6:11 am

  10. sukses terus buat Trio Santana,
    saya suku simalungun,tapi sangat suka lagu batak toba.
    apalagi trio Santana,,saya suka suaranya,,

    dan saya paling suka lagu “au nalilu” :)

    Nika boru Sipayung

    August 9, 2012 at 6:00 am

  11. Trio Santana salah stu paforit saya.krn mereka sikses membawakan laguu Rohani,, maka dgn tidak sengaja.sdh ada beberapa lagu rohani yg saya ciptakan..dgn segala hormat kiranya Trio Santana Sudi untuk mempelelajarinya. by Henry Tulus Sitompul.081253008685

    HENRY TULUS SITOMPUL

    July 9, 2012 at 5:47 am

  12. santabi di angka par ilmu tinggi, molo adong waktu ni akka komandan i asa baen hamu jolo lirik lagu ni si Judika na ganteng i judulna “borngin i ito”, mauliate parjolo….horas.

    bonar

    January 31, 2012 at 9:56 am

  13. bersambung……sejak tahun 2008. saonari nunga taon 2012. Bersambung teruusss sampai kapan lae?

    Petrus

    January 5, 2012 at 4:51 am

    • sabar amang, ai mungkin jolo sappe bosan amang manjaha ate, hehehe

      bonar

      January 31, 2012 at 9:51 am

  14. horas………
    minta lirik trio perdana yang bunga nih dong…!!

    james fernando

    April 8, 2011 at 1:14 pm

  15. jangan truss menyerah lah abnag2 Q …..

    suez

    December 3, 2010 at 7:34 am

  16. Tarsongon na patiop tiop aek ni bulung ni suhat inang
    Ho naparorot rorot au sahat tunamangaodang au
    Hape ballik tu panduduungan
    Tarboan lakka sian parpidoan
    Nagurgur sian soluk na lambok sian napian inang………….2x
    Nasubuan nasuan au diginjang ni uhur takkar so haburian lupa sotarbolokkon
    Dung pitu hali taripar aek sosesa so tarhaishon
    Tungi do mula ni sikkap ni mabarbar mula ni padan ma tutu songgop sibara lapung i
    Mian di pargoluonki holan na martuktuk gogoan
    Tarsongon alogo natumuttun gotos mangullus tonga ari manaritta tonga borngin inang
    Manolsoli ma rohakki di pangalahooku lalap dipandelean sai lupa martangiang
    Ia tung mate pe au mabiar mangolu pe au holsoan
    Suhar songon lapahon ihan mai
    Husor songon lapahon manuk
    Sude akka pangalahokku inang
    Sude akka pambahenanku
    Sotung andor jolo malos manang punggur jolo madabu
    Sotung au gabe pandelean ni dainang..!!!!!!!!!!!!
    Marsomba ujung au marsomb tuhu asi ni t u jolom inang tangihon au naliiiiilu!!!!!!
    Marsomba ujung au inang………………………………. 5x

    situmorang

    July 6, 2010 at 5:17 am

    • sebuah lagu yang menarik dan penuh dengan pembelajaran, tentu bagi yg ingin belajar tentang habatak on.

      lagubatak

      July 9, 2010 at 3:48 am

      • foto2 personil trio santana ga ada kah?

        Scott

        November 11, 2010 at 12:49 am

    • aha judul na lae
      baen ma attong

      djin

      September 2, 2010 at 6:52 pm

    • Lagu ‘Ahu Nalilu’ ini pernah dinyanyikan oleh anak boru (tapi lupa namanya) di album Lomba Cipta Lagu Batak di tahun 80-an.

      Leonard Tobing

      October 15, 2013 at 2:16 pm

  17. akka ise mamboto lirik lagu Au NAlilu na binoanton ni Trio Santana

    Sun Lena

    June 3, 2010 at 9:14 am

  18. Tolonglah siapa yang tau lirik lagu AU NALILU yang dibawakan Trio Santana

    Sun Lena

    June 3, 2010 at 9:13 am

    • tarsongon na patiop-tiop
      aek ni bulung…ni suhat inang
      ho na parorot-roto au
      sahat tunamagodang au
      hape balik tu paduduran,,
      bah gabe lupa…sori jo bah,,annon pe isambung muse

      petrus naga

      June 7, 2010 at 11:03 am

  19. bt penulis artikel
    tolong dan mohon secara hormat agar artikel sinaga bersaudara dapat ditulis berikut juga artikel trio2 lainnya.
    karena artikel tersebut dapat menambah pengalaman say maupun orang lain
    juga dapat mengetahui bagaimana kehebatan trio2 batak semuanya

    ParLapo:

    lae sinaga, okay lae.. kebetulan hari libur ini sy punya kesempatan menulis, sy akan coba menulis tentang sinaga bersaudara.

    mauliate

    D. chris febrianto sinaga

    May 28, 2010 at 1:13 pm

  20. horas tobasa. horas trio santana. sai anggiat ma tutu tu joloan niahari on gok angka pambahenamuna lao pamajuan lagu batak on.
    songon dohonon ma pandokkon nu

    irvan suurng tambun

    March 9, 2010 at 2:55 am

  21. ai ise do namanulis artikel.. fakta aha dipakke, empiris do manang deskriptif sajo do..klu kita bt suatu artikel yang perlu kita ketahui adalah data-data, berpa produksi lihat hasil penjulan perwilayah pasar,jawa.. sumtra, kalimantan… klu perlu pake quesioner online internet,,kita akan mengetuhui berapa yang terjual,,, bt PT moments Indonesia,selaku pemgang kontrak Santana..tolong publikasikan totalpenjualan dari trio santana. tp ng apa.. yang penting bisa dengerin santana..

    binsar,

    hurasa dang pola patubu hassit ni roha molo adong tulisan na songoni, maklum do au komentar ni lae, alana molo hubereng lae adalah nge-fans berat dengan mereka, tapi tulisan diatas hanya sebagai gambaran bagaimana sebenarnya perbandingan karir dan omzet secara rata2. setuju do au trio santana adalah salah satu trio yang disenangi orang dan kaset/vcdnya cukup banyak tercetak, namun jika lae mengerti apa yang tertulis dalam artikel itu, sebagai yg ngefans patut anda syukuri. dan sampai saat ini mereka masih eksis. au do namanulis artikel i asa adong jaha on mu, molo tikki ringgas hamu, alai na lobi tabo doi molo adong tulisan pembanding sian lae berdasarkan pengalaman sambing pe boi do, asa adil.

    Binsar Sihombing

    February 18, 2010 at 6:01 pm

    • ok bang.saya cuma cerita apa yang saya jalani dalam merantau ini.. dimana saya berada selalu ada lagu santana…saya udah kejakarta pekanbaru, sumsel. jambi.. memang rata2,sampai orang non batak mengatkan kok bagus bener suaranya.kami juga santana tetap exist selamanya…

      binsar sihombing

      February 25, 2010 at 5:22 pm

  22. bohado angka ditulangku.. gun and sudi dohot lae sitohang, maaf tulang sebutin nama… saya kepingin lagu album rohani bahasa indonesia juga ada diperedaran lagu rohani indonesia…
    kami penggemarmu selalu menantikanmu.mudah-mudahan anak-anak kami juga nantinya sempat mendengar kolaborasi terbaik senandung batak dari santana..
    alangkah sedihnya jika kalian tidak nampak lagi dialbum batak.. hambar deh lagu batk semuanya..bagus dengerin lagu cicak rowo,, jika kalian tidak ada lagi..ok..

    puaskan penggemar mu

    i love forever..santana is the best..

    Binsar Sihombing

    February 18, 2010 at 5:33 pm

  23. SAYA HARAP BAGI TRIO YANG LAIN, BELAJARLAH UNTUK RENDAH HATI, BELAJAR LAH KEPADA YANG LEBIH PINTAR.. SATU HATI UNTUK ALBUM BATAK… BATAK MAJU TRUS..

    OK SANTANA KAPAN ALBUM MU YANG TERBARU.. KAMI SANGAT MENANTIKANYA.KLU SAYA PENGUSAHA ATAU PEJABT, SAYA AKAN BT KALIAN SHOW INTERNATIONAL MEMPROMOSIKAN TOBASA MENJADI DAERAH WISATA, SAYA AKAN CIPTAKAN LAGU BAHASA INGGRIS UNTUK KALIAN SENANDUNGKAN DI EROPA SANA..SUARA KALIAN TIDAK ADA DUANYA,, PT. MOMENTS INDONESIA TOLONG PUBLIKASIKAN ALBUM SANTANA TERBARU

    Binsar Sihombing

    February 18, 2010 at 4:24 pm

  24. salam hormat..
    menanggapi argumen diatas saya agak tidak percaya dengan isi argumen tersebut, saya justru melihat dari observasi pasar bahwa trio santana merajai blantika music batak,,emang diakui lamtama dlu rajanyam tapi beberapa dekade terakhir santana yang laku dipasaran.terutama pasanggul bane-bane, banyak yang mencari ulang kasetnya, karena udah rusak yang lama-lama.mungkin apa saya penggemar berat santana saya tidak tau,,, hampir semua kaset santana ada saya koleksi,, saya malah menunggu album terbaru, saya akan langsung membelinya..

    sa
    dan saya sangat sedih apabila album santana tidak produksi lagi..karena suara merka dikaruniai dengan kolaborasi sangat tingkat tinggi, perpaduan suara yang seimbang, tidak seperti trio lain banyak timpang.suara tigalah yang ketinggian, suara 2 yang ng namapk,, banyklah, tapi santana sangat perfect bt saya..

    saya sangat menantikan album santana terbaru..
    Binsar Sihombing. SE
    CMO ADIRA MULTI FINANCE,TBK, LUBUK LINGGAU. SUMATRA SELATAN

    Binsar Sihombing

    February 18, 2010 at 4:13 pm

    • beberapa dekade songon dia do lae, haru lamtama sadekade lobi otik dope..

      jojo

      September 10, 2011 at 4:21 am

      • iya ya hehehe…..lae binsar komennya lucu….mending ditulis: “beberapa tahun terakhir”, bukannya “beberapa dekade”….hehehe….

        Petrus

        January 5, 2012 at 5:00 am

  25. tuhamu trio santana maju terusss. lumobi tu appra gun’s perthnkan soarami apr. tuhamu na3 mantaaaap. sian 766HI batam

    silalahi

    February 4, 2010 at 6:48 pm

  26. Horas di hamu Trio Santana,

    Mungkin diboto hamu do Lae sude lagu ni Trio Prienship.
    permintaan maon lae asa endehon hamu ma lagu2 ni Trio Prienship i pas hian do tuhamu sude lagu2 nai.

    Horas,
    Panjaitan

    Panjaitan

    January 25, 2010 at 8:01 am

  27. TRIO SANTANA:lomo hiando rohakku mabbege soara muna ibah….
    ai aha do diallang hamu boi songoni soara muna…

    pahala pakahan

    January 11, 2010 at 4:27 am

  28. horas mardogan tabe dihamu sudena trio artis batak. pangidoan nami maju ma nian sude artis batak, unang lupa sudena antng unang holan lagu batak alai molo boi tontang do kembangkonon muna sude lumobi Opera Batak, contoh sibursok mangalandong, dang tarida beon opera nion, alana tung holong hian do rohakku tu opera bataki, ima pangidoan nami mauliate godang horaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaasssss

    herbin saroha silaban

    October 13, 2009 at 8:34 am

    • HORAS………..

      Adong do lagu ni Trio Santana na hurasa makhonai hian tu akka na marholong roha.
      “MOLO MARROKKAP” on judulna
      Na ngerian lagu on, olo do sipata naeng ro ilu mambege lagu on…….. Mauliate….

      Maju terus Trio Santana…

      Gibson Manalu

      January 11, 2010 at 4:11 am

  29. Santana,,,,,maju terus…
    Andigan muse keluar album terbaru?

    Nb:Buat lae bandit dan parlapo,,,ga usah berdebat…malu kita jadi orang batak,,,masa kita terkenal parbada sihhh,,,,ya ampuuun,,,,apa kata duniaa????

    @Nagabonar,
    menurut saya tidak ada perdebatan lae, cuma beliau ingin belajar sesuatu tapi malu dibilang tidak mengerti dan bodoh dalam segala hal, saya mungkin lebih bodoh dari beliau tapi untungnya saya masih memberikan appresiasi kepada pendapat orang walaupun itu tidak sesuai dengan pendapat saya….., saya lebih bernafsu jika beliau memberikan pendapatnya jika tidak sependapat dengan saya….. Cheers.

    Naga Bonar

    October 7, 2009 at 10:54 am

  30. maju truss trio santana…
    baen jo lagu tentang dakdanak naung mar 8 taon dang mulak ala nungga mangoli tu boru sileban. asa ton tong lambas roha ni natuatuana.

    simamora

    September 24, 2009 at 7:30 am

  31. Horas Lae penulis blog Lagu Batak.
    Saya kurang setuju dgn Komentar anda tt Trio Santana di atas..soalnya selama jd penjual kaset vcd(6 tahun),tiap kali lagu trio santana keluar,pasti jd kaset terlaris.dan tetangga saya rata2 memutar lagu mereka..sampai sekarang.jd kurasa tulisan diatas bolehlah ditulis,, tp jd ga bagus.krn ada menyebut nama “oknum”,untuk dibanggakan.kenapa bgitu?ada kepentingan apa itu?kkn kah?
    Ada pepatah bilang:Lidah ga bisa bohong soal nikmatnya makanan, Naah..bgitu jg:Telinga ga bisa bohong soal nikmatnya suara penyanyi”
    setelah sy survei dipasar, banyak pelanggan saya bilang bahwa Trio Santana dengan formasi terbaru JAAUUHH lebih enak didengar dari pada sebelumnya..menurut saya jg bgitu. Makanya Lae,sebelum menulis fakta,,survei dulu ke kampung2.jng dilihat dari data yang didapat di pusat.
    nb:Siapa dikritik kan Bro?he he

    ParLapo:
    Lae Bandits,
    Lae kan hanya penjual kaset dikios dan tetangga lae…. yang saya bicarakan secara keseluruhan dan pengamatan yang masuk akal. hehehehe.

    Brian the bandits

    September 22, 2009 at 12:29 pm

    • Cuma ngetes bro.Tapi kamu memang mudah terjebak dengan hanya membaca tulisan saya.teruskanlah perjuanganmu sebagai pengamat yang masuk akal di matamu sendiri.mauliate.

      hhehehehe, yang terjebak siapa?, tak ada pengaruhnya menurutku dari cerita dan pandangan matamu:-(

      Brian The Bandits

      September 24, 2009 at 11:36 am

      • Roa maho puang….molo songon au sude na merespon di blogmu on,,,loja maho holan mangalusi ate….

        hehehehe, berarti ho do na marpikkir na loak……… didok ho jolma na roa… diado??, baen na binotomi, pakaluar sude………

        Brian The Bandits

        October 3, 2009 at 5:49 am

      • HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAH….Luccu hian ho….HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

        Brian The Bandits

        October 7, 2009 at 10:59 am

      • Sori,pagajjang hu. HUA..HAHAHAHAHAHAHAHA..eit`s.Stop biar ga ngerusak laman.

        Brian The Bandits

        October 7, 2009 at 11:03 am

    • saya bukanya membela trio santana.. saya sudah banyak merantau. dari pekanbaru-jakarta-bandung-lubuk linggau(sumatara selatan)-jambi(sarulangun).disetiap daerah tersiar lagu-lagu santana trio yang merdu, terkadang dalam hatiku berkta, ternyata bukan cuma saya penggemar santana, apakah dari hasil survey pengamtan saya ini tdak cukup bhwa kita harus akui santana adalh pop senandungnya batak…terima kasih..

      Binsar Sihombing

      February 18, 2010 at 5:06 pm

  32. Haaaiii….santana,
    ak amel dr bandung..kok suara kalian bagus2 bgt siihh? wlpn ak bkn org batak,kalo ndegrin lagu trio santana yg diputer tetanggaku yg org batak,,ak ga bisa tidur.pengennya ndengeeeeer terus dech…Sukses terus yaaah.

    Amelia

    September 22, 2009 at 11:27 am

  33. Molo au ngeFANZ hian Tu TRIO SANTANA..Boasa..??karena ini Trio Suaranya Manatapppzz Kalee dech…Apa Lg kalo Trio ini menyayikan Lagu Ngasae Bei dohot Uccok..Maju Teruss TRIO SANTANA…Kpn adakan Konser di Tangerang..??Hu paima da…Thx

    Uli Pardosi

    September 22, 2009 at 8:09 am

  34. saya adl penggemar lagu-lagu trio.selain lagu trio,kayaknya saya nggak akan menikmati sebuah lagu.saking sukanya pada trio,semua kaset vcd batak trio, PASTI saya punya,sebanyak apapun itu..sjujurnya,banyak yang saya suka dari trio-trio batak.tapi kalo ditanya siapa trio batak yang paaaaaling saya suka.saya akan jawab bahwa mereka adalah trio………S.A.N.T.A.N.A.kenapa? di telinga saya suara mereka unik.khususnya suara Gun.Silalahi dan Sudi Silalahi(tanpa mengesampingkan peran Darwis Sitohang).Dimata saya mereka berdua adalah kunci utama ciri khas trio ini.kalo salah satu dari mereka keluar,,mungkin santana akan kehilangan sengatannya..cara gun.s mengalunkan lagu yg dia nyanyikan,tidak dimiliki penyanyi batak manapun.bgitu juga sudi.s.suaranya itu loh,,,,berat dan tinggi trus indah lagi…setinggi apapun dia tarik suaranya,,selalu terkesan lembut ditelinga..maknyoosss..Pesan saya sbg penggemar…jangan pernah bubar.capek cari trio seperti kalian hebatnya….BRAVO TRIO SANTANA.

    Petrus Stevanus

    September 21, 2009 at 9:48 am

    • yop saya setuju..

      Binsar Sihombing

      February 18, 2010 at 6:06 pm

    • engkau sehati dengan saya….
      saya juga sangat setuju…. trio santana is the best…

      juerry gultom

      February 1, 2012 at 12:32 pm

  35. andigan do ro hamu konser tu Lintongnihuta??
    Ingkon dohot do au mangaribakhon lagu “ilukki ma paboahon”. Sambil minum tuak hita di kode nisi pargellok jala campur tambul jagal ulok asa melengking soara i. Sada nai “Goar ta nadisulammi” mansai mantap do begeon beaaa….

    bTw…aNdigan do kaluar album baru tRio sanTana on boH???

    benny nambela

    August 4, 2009 at 10:30 am

  36. Beta Rap mangendehon ma hita

    Nunga marhasimpanan au…sungke-sungke ni siampudanmon
    Au on ma da inong tading-tadinganmon naso tangkas mananda bohimi
    Mansai malungun au inong naeng mamereng bohimi inong
    nangga apala dinipikki ho ro
    alai dang boi dope marhaujutan……

    alai tung nang pe songoni burju do da inong panggattimi
    dipature-ture do hami tading-tadinganmon……….

    Ahhh… nga sae bei.. Molo so diboto hamu angka dongan lagui nunga tarlambat jala ketinggalan zaman…
    marsogot parsiajari hamu lagui da.. jala hupareso do marsogot di kelas….
    he…he…he…

    benny nambela

    August 4, 2009 at 10:20 am

  37. kalau boleh usahakanlah vocal solo lae gun”s silalahi

    pardedehisar

    July 19, 2009 at 9:30 pm

  38. ai dohot do hau tanggurung direkrek molo dung binege lagu ni santana on. songon i nang ngilut ni gotting na sai puhung i marbabo, boi do lam tigor puang…

    santana…ribak!!!

    Rio Simanjuntak

    July 14, 2009 at 4:31 am

  39. maju terus santana trio…sai anggiat di dongani Naibata lakkamu agepe tudia.

    santana trio….is the best…………………

    horasssss…horassssssss…horassssss

    sian:Anak Medan

    wendy siallagan

    July 13, 2009 at 6:31 pm

  40. trio santana jaya terus, buat personilnya Tuhan memberkati, khusus buat Gun.S salam buat Tia dirumah dari Rona.S

    sigiro

    June 19, 2009 at 12:37 am

  41. temu fans di taput donk… tulang, kangen berat nih… truz….. lagu-lagunya yang terbaru di posting juga ya…… OK

    echa

    March 14, 2009 at 6:28 am

  42. boha do gondrong i bang.sehat do hamu kan.sukses torus da abang2q.

    tumpal sidabutar

    March 3, 2009 at 11:14 am

    • Trio Santana Is the BEST……
      Molo di sukkun ise do fans trio sepanjang masa di au….
      au parjolo mandok SANTANA….
      Alai adong sukkun2 hu,sian dia do manang,aha do dasar ni goar ni trio on gabe di bahen ”SANTANA”…..?

      Manurung Sian Sibisa

      March 13, 2012 at 7:52 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 66 other followers

%d bloggers like this: