Lagu Batak

Tentang : Artis, Pencipta, Musisi, Produser, Penikmat, Syair

Trio Maduma

with 28 comments

Trio Maduma

Saya sebenarnya tidak percaya sewaktu ada teman yang setengah bergurau mengatakan bahwa MADUMA itu adalah singkatan, karena jauh sebelum program pemerintah setempat tapanuli utara mengumandangkan Martabe, Maduma dan yang lainnya, nama Trio Maduma sudah cukup tersohor diseluruh pelosok tapanuli dan nahumaliangna (termasuk daerah perantauan yang didominasi penduduk orang batak).

Teman saya mencoba memberi pengertian apa arti Maduma, dia sebut : MArende DUngi MAngan (MADUMA), saya tidak begitu ambil pusing dan serius untuk menanggapi, tetapi pada pertengahan perbincangan, teman ini menjelaskan kedekatannya dengan para personil Maduma : Johny Manurung, Tigor Panjaitan dan Anton Siallagan.

Konon sewaktu mereka sebelum setenar yang pernah ada, ketiga penyanyi ini sangat rajin mengunjungi tempat tempat hiburan yang ada di Jakarta, namun ada beberapa tempat hiburan yang didominasi orang orang batak berduit dan suka dunia malam saat itu. Trio Maduma kerap terlihat disana dengan cara mendekatkan diri dengan para tamu, agar suatu ketika mereka dimasukka dalam daftar atau diundang pada acara acara pesta untuk orang batak. Namun mereka tidak secara resmi sebagai penyanyi dalam cafe/restoran itu.

Bisa dimaklumi pada saat mereka belum setenar saat ini, cukup sulit untuk menunjukkan existensi mereka sebagai penyanyi jika mereka tidak difasilitasi oleh panggung yang memadai, maka demi untuk menyambung hidup dan kepentingan seni yang mengalir dalam tubuh mereka masing masing. Maka sangat sering mereka tidak mendapatkan uang untuk makan jika mereka tidak menyanyi terlebih dulu, apabila mereka telah bernyanyi maka dari hasil saweran dan angpaw mereka bisa untuk membeli makan. Itulah cerita yang pernah saya dengan dari teman saya, dan saya tidak pernah berusaha untuk mendapatkan pembenaran dari beberapa personil diatas.

Yang saya ketahui, bahwa Trio Maduma telah mengisi kancah dunia lagu batak mereka telah berhasil menggoreskan tinta hitam kepada lembaran dunia seniman lagu batak sampai saat ini. Sungguh banyak yang mengidolakan penampilan mereka, terutama khas suara yang dimiliki Johny Manurung si penyanyi serba bisa pada saat saat dia masih di usia produktive. suaranya tak tertandingi dan sangat menggugah yang jarang dimiliki oleh penyanyi pada saat itu.

Saat ini Trio Maduma tetap eksis untuk mengisi acara acara bagi para penggemar beratnya, tidak jarang mereka diundang ke daerah daerah tertentu, antara lain Pekanbaru, Medan dan Batam, karena dipastikan sudah banyak orang orang batak yang sukses saat ini yang dulunya sebagai penggemar berat Trio Maduma.

Bocoran yang berhasil kami dapatkan, bahwa tehnik rekaman yang dilakukan Trio Maduma, cukup unik dan sungguh hal baru saat itu dalam dunia lagu batak, mereka dapat menyajikan formasi 4 jenis suara walaupun mereka bernyanyi hanya 3 orang, secara tehnis hal ini tidak mencengangkan, namun bagi pendengar biasa, sampai saat ini masih tetap penasaran apa sebenarnya yang terjadi pada penampilan rekaman Trio Maduma.

Tidak ada salahnya untuk memberikan applaus yang agak berlebihan untuk group ini, mereka mampu untuk menggugah perilaku pendengar dari lagu lagu yang mereka bawakan, hampir sama persis dengan penampilan penyanyi penyanyi dunia tentu dalam porsi yang berbeda.

Contohnya, saat mereka menyanyikan lagu “Ulos Sirara”, banyak pendengar yang merasa sudah memiliki umur yang dewasa, terhanyut dalam perasaan sedih hanya karena lirik lagu yang mereka bawakan, yang pada intinya adalah bagaimana seorang ibu mengirimkan Ulos kepada anak paling tua, hanya karena adiknya telah lebih daulu menikah dari yang sulung. maka terjadi eksodus perkawinan yang begitu mencengangkan pada saat itu.

bersambung…………….

Written by lagubatak

December 15, 2008 at 7:31 am

28 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Horas ma di hamu personil TRIO MADUMA
    Unang ma nian bubar hamu.
    Mulai taon 1986 ma hurasahon masuk tu rohanami akka naposo remaja tikki SMA hami di huta Tebing Tinggi Sumatera Utara.Molo diendehon hami lagu trio maduma di lapo tuak las rohani akka natua-tua,akka naposo mambege. Olo ma gratis tuak nami di lapo tuak molo malam minggu . Ai panarikni suara 5 i ma antong malliting songon jarum madabu tu lantai mungkin suara ni lae Tigor Panjaitan ma ra i laos ido ditiru hami jala parmantapna muse suara ni tulang Jhony S Manurung. Dohot muse lagu Duet si Raja Andung ai adong dope muncul i tahe na dohot si buntora situmorang ? laguna : DIDOK DAINANG MA TU AU SIKKOLA DAMANG ANAKKU ALAI HUDOK MA MANGALUSI AHA HEPENGTA LAO TUSI…dst…yang mantaplah suara tulang jhony saat melagukan itu. Masihol mambege alai dang adong be caseetna di jabu jadi tudia ma luluanku .
    Molo boi nian sude lagu sian Vol 1 sahat tu vol terakhir segera ma terbit ton hamu, alana mantap do suara mu. Terkesan au mambege lagumuna judulna HOLAN UAP DO HAPE SIKKOLA MI .

    HOLAN UAP DO HAPE SIKKOLAMI
    Gunop tu gamboido au amang…
    Si ganup ari
    Somarnata udan manang lasniari
    Hutaonton do amang marsiap bagi
    Asalma nian tulus sikkolami

    Sian manogotido au amang…
    Rodi botari
    Maradu hir hodokku tondiku
    Unang lea nian rohani jolmai
    Marnida inang mon naung mabaluon

    Refrein :
    Hape amang holan uap do hape sikkolami
    Dang na sikkolaho otondiku
    Marsonang-sonang ho rap dohot ripe mi i..i..
    Marbalanjohon tuhorni hodokki
    Dang disarihon ho au inang mon
    Sipangitubumon

    ( Cipt. Jhony S Manurung / Trio Maduma )
    Tahun 89 an

    Jadi harapanku tulang Jhony dohot tu laeku Tigor Panjaitan dohot lae Anton Siallagan molo tungpe dengan borat au mandok molo tung…pe ikkon bubar hamu bah jolo susun hamu ma lagu munai sude mulai sian vol 1 sahat tu vol terakhir sesuai lirik lagu najolo artina suara na di casett rekaman i ma langsung papindah hamu tu MP3 kira2 antar songonima asa boi ganup ari manang praktis diputar di komputer tikki hita kerja di kantor alana dang munggki hita mamboan tep recorder tu kantor.
    Sasintongna maccai tabo lagu munai sude.
    Jadi dohot hormat mangido maaf ma au tu hamu molo tung pe adong hata naso tabo begeon dison na hu baenon.
    Sahali nai unang lupa hamu personil TRIO MADUMA terrbitkan semua lagu-lagu lama sampai vol terakhir sebelum bubar hamu asa unang marsahit jolma naung terlanjur mambege suara munai. sapala naung maridi ikkon maraek jadi harus bisa dikenang sepanjang masa sampai bumi kiamat.
    BOTIMA.
    HORAS.
    Sian ahu beremuna : Asben SImanjuntak
    email : asbensimanjuntak@yahoo.com

    Asben Simanjuntak

    October 9, 2013 at 4:49 pm

  2. Dohot hormat, molo boi nian, tu personil trio maduma asa kaluarhon hamu jolo album terbaru muna nunga tung masihol iba mambege lagu baru muna, molo dang lagu lama pe taho alai unang dirombak aransemen,syair,nada dohot musik nai asa original songon najoloi jala asa sombu sihol tu hamu na tolo nangpe so hea hita pajumpang mauliate sian au penggemar muna “gultom di dumai”

    L gultom

    April 25, 2013 at 1:36 pm

  3. Saya tidak mengerti bahasa batak, tapi sangat menyukai lagu batak. Lagunya mampu menggugah emosi jiwa. Saya sedang mencari album trio maduma versi lama (Pertama), yg didalamnya ada lagu berjudul “rodi sadarion”. Sy pernah mengunduh di internet tpi versinya sudah di remake. Sekiranya klo sobat berkenan, tolong diinformasikan itu album keberapa n judul lagunya apa saja. Terimakasih sebelumnya. Slm kenal

    darmawan

    March 18, 2013 at 7:34 pm

  4. “merasa kehilangan dengan tidak muncul nya trio maduma,”gak masalah klu koleksi semua dari caset recorder dari vol 1 sd vol 36″

    sibotorohasilaban

    December 12, 2012 at 4:38 am

    • lae… ada kah mp3 album trio maduma nya? mau dong lae link nya… klo ada di upload semua albumnya dong boss.
      send link nya ke : xragie@gmail.com

      joe

      March 25, 2013 at 11:46 pm

  5. buat trio maduma yg sukses,tolong keluarin album dangdut maduma era thn 93(lupa)yg berjudul:pengusaha muda,Rosmaida ahado salakki,hurippu boru india,lungun tung massai lungun,didia ho nuaeng marhuta,huingot doho ale ito mei.dll trims.

    sibotorohasilaban

    December 12, 2012 at 3:54 am

  6. ‘horas ma di hita saluhut na’
    Parjolo sahali d pasahat hami mauliate godang d tuhanta alana d lehon do tikki d hita laho pasahat tona na sian bagas ni roha ,ima na laho si pasahaton tu fens berat ni iba TRIO MADUMA
    molo hu bege nian tabo ni lagu i,na pas tu pakkilalaan niba na dirasahon saleleng on.au fens berat trio maduma ma pangidohon molo boi ‘ro nian hamu jo konser d DUMAI,RIAU.sai jot2 iba tarhirim di haroro muna.
    D au pribadi, 1 motivasi dohot dukungan na mendorong sada semangat baru laho berusaha jd org na sukses’hu endehon lagu i sai huhut hu rimang rimangi sai makkonai di parngoluan hu siganup ari.
    Balga do harapan hu d haroro muna lao ro tu DUMAI.
    Sian: anak parjalang na di DURI,RIAU.

    Antonius hutapea

    January 15, 2012 at 8:18 pm

  7. trio maduma itu belum bubar mereka tetep barengan nyanyi cuman saja jarang muncul ke luar kota. Doain aja smoga trio maduma kembali exis kaya dulu ,makasih yg udah muji suaranya jhonny s manurung :) salam aku elly agustina manurung (anaknya) :D

    elly agustina manurung

    September 15, 2011 at 11:46 am

    • Bilang sama bapak,supaya mereka berusaha menjaga keutuhan Trio Maduma,jangan lupa show ke Duri

      Harapan Gultom

      November 2, 2011 at 4:07 pm

    • Mungkin saat itu kamu belom lahir, ada lagu Maduma yg samar2 aku ingat liriknya : .. ahu dohot ho, sapartinaonan… aut nian ni roha hasian …. rohakku pe ito, lobi sadari on… sai tu ho… en sopot.. en sopot .. dan seterusnya … tanyain dong ke Ayah, lagu tadi judulnya apa…. en… di album ke berapa tuh… Mauliate

      Dastri Mahulae

      January 2, 2013 at 3:52 am

  8. mantap lah

    MUNTHE DEN

    April 5, 2011 at 3:03 pm

  9. horas ma di hamu,salam kenal sian ahu.dison ahu mangido tolong jo tu hamu natua-tua niba,abang,lae,iboto niba manang ise pe hamu na manjaha surathon.paboa hamu jo tu ahu.didia do boi jumpangan hu album ni trio maduma,sian vol 1 dohot album solo ni tulang johny manurung na jolo.tarlumobi mai album andung ni trio maduma na marjudul”ANDUNG ANAK NI BUHA BAJU”.songoni ma jo songon perkenalanta dison jumolo hu pasahat mauliate godang di bantuan muna.horas …

    tonny henri partomuan sinaga

    October 4, 2010 at 6:23 pm

  10. lpagi..salam perkenalan dri saya d s’pore. Saya senang mendengar lagu2 batak yg d nyayikan tegor pnjaitan n martha hutagaol.yg judul nya medan-jakarta bs bang d alihkn k bahasa indonesia maksud lagu itu..?

    ROHANA

    January 27, 2010 at 2:20 am

  11. Ai hatam do na mandok na holong roham tu au,ito dung sonari lao ma ho.Aut na huboto sian mula na ikkon tinggalhonon mu au.juakon-juakon do ito lao manukun hatami,ito janjimi diose ho.huboto do ito ngaloja do ito,siboru nauli sian au,gabe lupa do ho d…iakka padan naung tapuduni.hu boto do ito na susah do au,jala do boru na pogos on do au,dung saonari gabe muba rohami.Boasa ho lao,Boasa ho lao,Boasa ho lao ito da Hasian…

    Tolong Judul lagu di atas ada yang tau ga..??
    karena ini Penyanyinya kalo tidak salah Trio Maduma Featuring Martha Hutagaol..Judul lagu ini apa..??

    Uli Pardosi

    September 22, 2009 at 8:20 am

  12. tetap semangat,,,,,,,,,,

    dan jaya terus sampai lagu batak terbawa keseluruh penjuru ………..

    tumpak

    August 29, 2009 at 6:57 pm

  13. Horas ma di Maduma..
    Adong dope lagu “Ito Hinaholongan” beredar?
    adong hu download, ale dang lengkap, holan satokkin.
    Molo adong na lengkap, pasahat hamu jo..!
    Mauliate

    sianturi

    July 31, 2009 at 7:48 pm

  14. Untuk lagu Batak Pop, tolonglah diperbanyak yang liriknya bernafaskan ketegaran hati (Pos ni roha), Panghirimon na tangkas dan tentang alam yang indah atau perilaku lingkungan hidup terutama di bona pasogit. Janganlagi yang berbau andungandung yang terlalu sedih, karena dapat membuat orang yang merasakannya menjadi hancur hatinya sehingga sulit baginya untuk beranjak dari hidupnya yang penuh kesedihan tadi.
    Sekian dari saya, maju terus pantang mundur di ajang lagu-lagu batak pop. Salom!!!

    Edward

    May 4, 2009 at 3:33 am

  15. halo saya penggemar trio maduma . Abang punya koleksi pop indonesia yang dibawakan oleh trio maduma ga??
    trimakasih buat infonya ya.

    pandapotan

    March 23, 2009 at 11:33 am

  16. Horas ma di Maduma, nunga tung mansai masihol mambege ende na imbaru ni laenta/amparanta Tiro Maduma (versi bah. Indonesia juga ok). maju teruss, berani mundur.

    Panjaitan Monstar

    March 2, 2009 at 11:03 am

  17. horas bona pasogit selamat bergabung bah…/

    asdannaibaho

    February 16, 2009 at 8:39 pm

  18. April 2008 yg lalu ,… Saya salah satu panitia dan MC juga pada saat Trio Ambisi & rombongan, Rita Butar-Butar, Edo Kondologit, Herty Sitorus, Dan Tigor Panjaitan ( Personil Maduma Trio ) Live show di Tembagapura – Papua, Sebagai panitia yg juga Fans Maduma Trio agak kecewa dengan tidak hadirnya Maduma Trio secara komplit, Yang hadir hanya Lae Tigor Panjaitan, Namun dengan tampil cukup memukau Fans Maduma Trio, Tigor Panjaitan dapat mengatasi kekecewaan itu sedikit, Yang ingin saya tanyakan,… Apakah Maduma Trio bubar..? soalnya banyak VCD nya beredar namun bukan bersama, tapi dengan yang lain,… Please Maduma Trio exis kembali, Para Fans mu selalu menunggu di luar sana,…

    Ginto Ginting - Tembagapura-Papua.

    December 26, 2008 at 12:21 am

    • lae ginting,
      trio maduma sampai saat ini masih utuh dan kompak, mereka memang agak jarang untuk tampil live show akhir akhir ini, tapi bukan karena alasan ada indikasi mereka akan bubar. saya juga salah satu fans mereka yang berusaha mengikuti perjalanan mereka dalam dunia blantika musik.
      horas,bj

      lagubatak

      December 26, 2008 at 2:28 am

      • horas..saya termasuk keluarga dekat trio maduma,terutama ke jhony manurung,itu tulang kandung ku..perkenalkan ahu marga simatupang..ya bnr trio maduma msh ada tp skrng dh gk eksiss lgg

        tommy

        August 15, 2011 at 10:28 am

  19. horassss abangg.. kapan tampil bareng Nainggolan Sister… Undang aku ya..

    donna

    December 22, 2008 at 12:32 pm

  20. Trio Maduma, dulu adalah teman-teman saya. Namun, kami sudah lama tidak saling kontak. Bisakah saya ditolong, di mana saya bisa menghubungi mereka? Entah melalui email atau nomor telepon, yang bisa saya hubungi.

    Terimakasih atas perhatian dan pertolongannya

    Horas

    Risma Simatupang

    risma Smatupang

    December 16, 2008 at 12:53 am

    • horas ito boru simatupang,

      saya coba membantu ito untuk menyambung komunikasi yang telah terputus beberapa lama, ini nomor mereka :
      Johny S. Manurung 081318679055
      Tigor Panjaitan 081384539922
      Anton Siallagan 08176831661
      selamat bernostalgia.
      horas,
      bj

      lagubatak

      December 16, 2008 at 1:02 am

    • horas itoo..akuu tw slh satu alamat personil nya jhony slamet manurung,dia tulang kandung akuu..simatupang apa?sama2 simatupang kita..slm knl ito

      tommy

      August 15, 2011 at 10:31 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 62 other followers

%d bloggers like this: