Lagu Batak

Tentang : Artis, Pencipta, Musisi, Produser, Penikmat, Syair

Trio Axido

with 7 comments

Percayakah Anda, dalam dunia tarik suara/menyanyi disamping kemampuan olah vocal dan kekompakan dalam bergroup, ada faktor lain yang cukup dipertimbangkan untuk dikenal dan dikenang orang terutama fans masing masing.

Trio Axido memiliki banyak faktor tersebut, disamping mereka piawai dan saling bertanggung jawab atas vocal masing masing, ketiga personil ini sepertinya mempunyai “aura” hidup sebagai entertainer sejati. Itu sangat kelihatan jelas jika mereka menaiki panggung untuk bernyanyi.
Sebagai contoh,¬†dalam panggung yang sama¬†sebelumnya kita telah melihat dan mendengar penyanyi lain menyanyikan beberapa lagu dan kita anggap penyanyi tersebut telah memuaskan pendengaran dan penghilatan kita, namun jika trio ini tampil kembali setelah penyanyi yang kita sebut bagus tadi, maka kita akan dapat dengan cepat mengatakan bahwa sebenarnya “penyanyi yang tadi masih kurang baik dibanding dengan mereka ini”.

Personil Trio Axidos : Willy Silalahi, Tony Simarmata dan Joel Simorangkir, khusus nama yang terakhir sering berkarir sebagai solois.

Entah mengapa, Trio ini tidak dapat bertahan lama dan hampir dipastikan para penggemarnya tidak akan melihat penampilan mereka lagi dalam nama Trio Axido. Padahal saya adalah termasuk yang begitu tergila gila pada penampilan mereka.

Bermula pada awal tahun 90an, pada saat lagu batak adalah suatu hal yang langka untuk dinikmati, ke 3 lelaki tampan dan necis ini membentuk group dengan nama “axido”, sinonim dari “perlente” menurut Lans Hutabarat sang pencipta lagu batak handal saat itu yang membidani terbentuknya group ini untuk muncul di kancah lagu batak bertaraf nasional, memang mereka mempunyai gaya dan type yang betul betul entertainer. Ketiga personil ini sebelumnya telah sama sama memiliki group sendiri sebelum membentuk Trio Axido. Joel Simorangkir adalah salah satu dari personil Taruli Trio, Willy Silalahi adalah sebelumnya personil The Frienship bersama Erick Silitonga, dan Tony Simarmata sudah banyak melanglang buana pada acara acara vocal group batak.

Kehadiran mereka sangat disambut gembira oleh pencinta musik batak, nama Trio Axido dengan cepat melejit setelah mereka berhasil membawakan lagu “Asa Sombu Roham” karya cipta Lans Hutabarat, sampai sekarang lagu itu masih tetap diminati para kaum muda batak dalam bentuk kaset & vcd, dan seolah olah lagu itu sebagai tolok ukur untuk menjadi seorang penyanyi trio batak, apabila salah satu penyanyi trio bisa membawakan lagu tersebut dengan baik, maka mereka sudah layak disebut sebagai trio yang eksis. Dahulu album ini diproduksi oleh Romora Records.

Kemudian beberapa tahun berselang, salah satu produser berlabel Yosepha Record tertarik untuk memasukkan mereka ke dapur rekaman dengan membawa lagu “diparsobanan” ciptaan Daulat Manurung, tentu saja lagu ini menjadi salah satu lagu wajib di beberapa festival setelah Trio Axido membawakannya, namun apa daya, dimana ada gula disitu mungkin ada semut. Kesuksesan trio ini membawakan lagu diparsobanan membuat sang pencipta merasa “risih” dan ingin berbagi hasil secara finansial atas kepopuleran lagu tersebut, maka terjadi suatu sengketa yang seharusnya tidak perlu terjadi, sang pencipta menuntut produser dengan alasan bahwa hak cipta lagu tersebut belum dibayarkan kepadanya, namun menurut produser bahwa dia tidak akan mungkin mengeluarkan album tersebut apabila hak cipta lagu belum terbayar. Ini merupakan momok bagi para produser, apabila produksinya berhasil menarik pusat perhatian pasar, maka situasi itu sangat rentan dengan masalah masalah yang akan dihadapi. Itulah salah satu alasan mengapa para penggemar tidak pernah mendengar lagi lagu tersebut berada dipasaran. Karena produser serta merta menghentikan penggandaan kasetnya walaupun perjalanan masih akan panjang, ironis!!

Setelah album tersebut, beberapa produser lain diantara takut atau getir, mencoba lagi untuk merekam Trio Axido, namun sayang kehadiran mereka saat ini mempunyai kesulitan ganda. Disamping mereka akan memperhitungkan trio trio pendatang baru yang lebih “fresh” dan lagu lagu yang mereka bawakan belum lah mampu untuk menarik perhatian seperti album mereka terdahulu. Lagu Sayang ciptaan Mangara T. Manik salah satu lagu yang betul betul sangat ketat persaingannya dipasaran dengan kehadiran beberapa trio baru dan kehadiran Trio Ambisi pada saat itu.

Tahun 2001 salah satu personil Trio ini yakni Willy Silalahi, hijrah untuk niat merantau ke negara paman sam (amerika), menurut pengamatan banyak pihak, inilah cikal bakal terbenamnya nama Trio Axido, setelah ditinggal oleh Willy Silalahi, dua personil lainnya harus tetap mempertahankan karir masing masing didunia musik batak, maka dengan alasan yang sangat berat, mereka mencoba untuk membentuk Trio baru dengan nama “Aksidos”, nama yang mirip tanpa menghilangkan arti secara harfiah dan panggilan, kali ini mereka harus merubah formasi suara, yang tadinya posisi suara satu diisi oleh Willy Silalahi, giliran dalam Trio Aksidos harus mempercayakannya kepada Tony Simarmata, banyak pihak yang kecewa, power vocal yang dimiliki oleh Willy Silalahi bukan tandingan Tony Simarmata yang biasanya mengisi suara dua. Namun Trio Aksidos tetap eksis membawakan lagu batak dan pop nasional (indonesia) kenangan juga.

Puncak pertikaian terjadi pada tahun 2006, setelah lama memendam perasaan (setelah pulang dari negara paman sam), Willy Silalahi menyangka bahwa rekannya menggunakan nama Trio Axido untuk menguntungkan diri sendiri tanpa mengikut sertakannya, tidak ayal memang group ini kerap diundang oleh sang “the good father” (sorry to say that) kota medan Olo Panggabean untuk menghibur diri dan rekan rekan bisnisnya di kota Medan, dan ketiga personil Trio “Aksidos” mendapat hadiah mobil mewah satu persatu disamping honor mereka yang lebih dari cukup ketika mereka ditanggap sang konglomerat itu.

Willy Silalahi mendaftarkan pertikaian ini kepada pengadilan negeri usaha dagang di Jakarta Pusat. beberapa kali mereka mengikuti sidang yang sangat alot dan banyak menarik perhatian para artis batak saat itu, ada yang ingin menyelaraskan agar mereka rujuk kembali dengan membawa nama Trio Axido, namun kedua belah pihak terlanjur terbawa emosional dan malu untuk mengakui kesalahan masing masing.

Demikianlah masalah tersebut diputuskan pengadilan bahwa Willy Silalahi tidak dapat membuktikan pengaduannya untuk layak ditindak lanjuti oleh hakim dan memberinya ganti rugi yang sebelumnya dituntut oleh Willy.

Sekarang, saya pun harus turut prihatin, karena kejadian tersebut saya harus puas mendengar Tony Simarmata pada posisi suara satu, padahal dia adalah salah satu personil suara dua yang kukenal sangat mendekati sempurna, bahkan melampaui kedengungan suara Bunthora Situmorang di Trio Lasidos.

Written by lagubatak

September 1, 2008 at 3:03 am

7 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] File Name : Trio axido | lagu batak Source : lagubatak.wordpress.com Download : Trio axido | lagu batak […]

  2. […] File Name : Trio axido | lagu batak Source : lagubatak.wordpress.com Download : Trio axido | lagu batak […]

  3. tolong dong lagu solonya pak joel simorangkir DI DIA HOLONG MI

    hofman

    April 19, 2012 at 1:41 pm

  4. Dear Manager Trio Axido

    Aku berencana akan menggunakan jasa dari Trio Axido untuk mengisi acara ditempatku.
    Bagaimana aku bisa menghubungi untuk membuat satu reservasi?
    Apakah aku bisa dapat email atau no tlp?
    thanks,

    Regards,
    Risa

    Risa

    October 27, 2011 at 1:58 am

  5. aku yakin papa dan grup papa yang terbaik… hhahahaha maju terus…..

    @trisnawati,
    saya setuju… dan beliau juga pasti bangga punya putri seperti trisnawati, group mereka (axido) adalah penyanyi yang akan selalu dikenang oleh penggemar dan pemerhati musik batak, karena saya bisa pastikan sampai saat ini mereka belum tertandingi… namun sayang mereka harus berpisah pada persimpangan jalan, apapun alasannya AXIDO salah satu tonggak pengukir sejarah lagu batak di negeri ini….. semangat selalu trisnawati.

    Trisnawati maria putri simarmata

    October 30, 2009 at 2:03 pm

  6. trio axido jalan terus dong

    lionel gultom

    August 6, 2009 at 1:26 pm

  7. Horas Ito Simanjuntak Stars…..

    boru napitupulu

    September 6, 2008 at 10:25 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 66 other followers

%d bloggers like this: