Lagu Batak

Tentang : Artis, Pencipta, Musisi, Produser, Penikmat, Syair

Trio Andesta

with 8 comments

Andesta = Anak Desa Tapanuli, demikian mereka memberikan nama pada Trio yang muncul pada akhir tahun 90an, dan kehadiran trio ini sedikit mengobati akan kebutuhan penyanyi batak demi meneruskan cita cita kesinambungan penyanyi batak alias sebagai generasi baru.

Pada awalnya group ini muncul dengan beranggotakan : GoodWill Pakpakan, Benget (Ary) Manurung dan Joan Polado Sitorus, mereka sempat menerbitkan 2 album lagu batak pada saat mereka bergabung, diantaranya satu album diluncurkan bersama bintang tamu Johny S. Manurung (yang juga abang kandung Benget Manurung), Johny bertindak sebagai penata lagu sekaligus sebagai produser mereka saat itu, lagu mereka yang sempat bergeliat adalah Molo Marrokkap Napogos Tu Namora ciptaan Fredy Tambunan.

Namun setelah berjalan hampir 4 tahun nampaknya Joan Polado Sitorus tidak begitu tertarik untuk turut serta bergabung dengan dua rekannya tersebut, dengan alasan bahwa dia tidak “interest” untuk ikut bernyanyi di beberapa cafe cafe batak yang bertebar di daerah Jakarta seperti para penyanyi penyanyi batak umumnya. Konsekwensi harus diambil, dia harus merelakan temannya untuk mencari penggantinya mengisi acara acara sekaligus membawa bendera Trio Andesta.

Kini Trio Andesta beranggotakan : GoodWill Pakpahan, Benget (Ary) Manurung dan Sardion Sinaga, dan telah mengeluarkan beberapa album batak dan pop indonesia sampai saat ini. Album mereka yang pertama dengan judul “Marinahon Parjujui” ciptaan Liong Tambunan dilanjutkan dengan album berikutnya “Sapala Naung Maridi” ciptaan Anton Siallagan, keduanya adalah produksi CMP Records, salah satu produser yang banyak menerbitkan lagu lagu batak di tanah air.

Frankly speaking, Trio Andesta bersama Joan Polado jauh lebih matching daripada yang ada sekarang, namun spertinya mereka masih tetap dalam proses berusaha terus untuk berbenah untuk mematangkan vocal tiga-nya yakni Sardion, kalau didengar rasanya masih ada yang kurang, atau mungkin lebih tone, alias sangat sering tidak in-tone. Tapi salut buat untuk kareogafernya, bentuk tubuh yang ideal dan paras yang lumayan “tampan” dibanding dengan penyanyi penyanyi lain adalah nilai lebih buat mereka, tidak heran saat ini banyak penggemar mereka terdiri dari wanita wanita yang terkagum kagum kepada penyanyi trio batak.

Menurut saya mereka cukup terandalkan untuk dijadikan penyanyi pujaan berikutnya setelah Lamtama mulai pudar, namun dengan syarat mereka harus mengurangi jadwal manggung malam hari di cafe-cafe seperti yang sekarang ini mereka geluti, diganti dengan latihan latihan yang intensif.

Goodwil Pakpahan sebagai leader vocal, sipenyanyi muda yang punya vocal “mangiris ate ate” ini sepertinya tau bahwa vocalnya masih perlu banyak diasah untuk mendekati keganasan vocal seperti yang dimiliki oleh Asito Situmeang dari Trio The King, apakah dia sadar atau tidak, ada unsur sengau yang enak didengar. Kalau mereka dahulu sering membawakan lagu andung andung, tapi belakangan ini mereka lebih sering dengan lagu tema percintaan. mereka mungkin sadar salah satu album mereka “Boha Ma Bahenon Hu” ciptaan William Naibaho tidak mampu mendongkrak pasar walaupun mereka lakoni secara total, dan pembuatan video clipnya pun diperankan mereka sendiri dengan adegan menjual koran di jalanan jakarta.

Kebanyakan penggemar mereka berada di Pulau Batam dan Pekanbaru, mereka kerap bolak balik ke daerah ini untuk meghibur acara acara batak maupun acara acara gereja. sebelum saya lupa, ada baiknya mereka juga belajar bagaimana meng-entertaint penonton batak, daripada mereka sekedar komunikasi satu arah, tanpa mengikut sertakan penontonnya, mungkin mereka akan lebih baik sering menyaksikan penampilan Trio Lamtama, bagaiman Nixon Simanjuntak mampu “menipu” penontonnya sekedar mengambil nafas untuk lagu berikutnya dia sisipkan lawakan yang segar agar penonton tidak merasa ditipu.

Ada yang lebih menarik dari mereka, mungkin diantara mereka ada yang mempunyai darah bisnis mengalir ditubuhnya, sampai sampai mulai dari tahun 2006 produksi album batak mereka lakukan atas prakarsa sendiri, maksudnya mereka mau berkorban untuk menyisipkan penghasilan mereka selama bernyanyi di cafe cafe (honor, saweran, tips), mereka tumpahkan untuk modal produksi sendiri, sampai saat ini mereka telah berhasil meproduksi sendiri sebanyak 2 album, Fantastis!!.
Kelihaian mereka untuk mendekati artis senior pantas untuk dipelajari, pada tahun 2006 mereka mampu membujuk Charles Simbolon dan Rani Simbolon untuk ikut sebagai bintang tamu pada album mereka, sekaligus untuk membawakan lagu yang khusus diperuntukkan kepada salah satu orang batak kaya yang ada di Pekanbaru, siapa lagi kalau bukan Pak Hutahaean. Tapi sebaiknya mereka menghindari pembuatan album seperti ini jika ingin nama mereka lebih profesional.

Seperti yang saya jelaskan diatas, Trio ini adalah salah satu calon berkompeteisi dengan trio trio lainnya untuk mencapai titik puncak kejayaan, itupun dengan syarat… apabila mereka sadar kelemahan kelemahan yang mereka miliki sekarang.

Penyanyi, Produser dan Distributor… adalah pekerjaan baru mereka, tapi jangan lupa bahwa sebenarnya jauh lebih penting bagaimana mereka membangun kepercayaan pasar dengan olah vocal yang sempurna. Hal yang sangat langka terjadi bisa sukses untuk menjalani ke tiga profesi itu.

Written by lagubatak

February 1, 2009 at 10:41 am

8 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. lagu trio andesta da gk judulnya pekanbaru

    OnNzadinata Sianipar

    May 14, 2013 at 8:12 pm

  2. lagu trio andesta da gk judulnya pekanbaru

    onnzadinata

    May 14, 2013 at 8:11 pm

  3. horas tulang benget(ary) manurung..tulang benget ni adalah tulang kandung ku…mantap lah tulang penyanyi batak top..kakak beradik nih,tulang jonny manurung dan tulang benget adalah tulang kandung ku adalah seorang penyanyi batak top….

    _tommy simatupang___

    tommy

    July 3, 2011 at 4:34 am

  4. Horas,,,! Ku bangga dengan trio andesta..tetap semangat..!Horas..

    Frans sitinjak

    December 19, 2010 at 5:26 pm

  5. Sukses slalu bwt Andesta Trio,,,, berkarya truzzz.
    Kalau bisa tolong dunk, kluarin album Rohani Batak. Mauliate… Jbu.

    Bang MAnik

    May 10, 2010 at 4:08 pm

  6. horas………..
    boasa dang boi didownload vol 2 ni andesta i
    mauliate
    horas………
    horas………..
    horas…………….

    freddi

    April 14, 2010 at 11:59 am

  7. nadila parende….

    Gito

    February 12, 2010 at 10:48 pm

  8. Bagaiman cara agar bisa kontak langsung dengan sardi sinaga ? Horas.

    Simon,

    coba hubungi rekan satu groupnya Goodwill Pakpahan : 08128521063
    tx

    Simon Mahulae, S.Pd

    March 9, 2009 at 11:04 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 64 other followers

%d bloggers like this: