Lagu Batak

Tentang : Artis, Pencipta, Musisi, Produser, Penikmat, Syair

Trio Amsisi 2000

with 17 comments

Kalau dulu akhir tahun 70an, hanya ada 3 nama trio batak yang sudah rekaman dari Jakarta (selain penyanyi rekaman dari Mini Record Medan tentunya), Trio Lasidos, Trio Maduma dan Trio Amsisi, dan satu lagi The Friendship. Mereka berpacu untuk mengambil simpati para pendengar dengan caranya masing masing. Trio Lasidos mengambil jalur dengan kisah kisah percintaan dan memasukkan beberapa lagu rock dalam albumnya, mungkin maksudnya untuk menggaet pangsa pasar kaum muda, Trio Maduma cukup dengan lagu lagu balada kehidupan para perantau dikejauhannya, alias dengan “mangandungi marende” atau “mangan-dungi-marende”. Nah, kala itu muncul juga satu trio yang bernama Trio Amsisi, didalam group ini sungguh menempel erat “idealisme” seniman batak, dengan lagu lagu poda/petuah dari ‘natua tua’ terhadap anak anaknya, mereka bernyanyi dengan manis dengan perpaduan vocal yang solid pula.

Personil Trio Amsisi : Tua Doren Situmorang, Iran Ambarita dan Charles Simbolon, banyak yang terpikat dengan kekompakan suara mereka dalam album album bataknya. Kelenturan vocal Tua Doren Situmorang (abang kandung Andy Situmorang, personil Trio Ambisi) dilapisi dengan baik oleh suara alto Iran Ambarita, nampaknya Iran tidak ingin membiarkan sedikitpun suara Tua Doren tanpa polesan altonya Iran, dan yang paling mengesankan dari mereka adalah vocal: power, khas, menarik dari si “kancil” Charles Simbolon. Lagu Tapasada Ma Rohanta, Pahompu Nise Nama Anakhon, Hutaon Do Bungkuk Hu, Dos Do Nakkok Na Dohot Tuatna, adalah daftar sedikit dari beberapa deretan lagu yang enak didengar dan dinikmati.

Mereka sangat concern dengan idealisme mereka sebagai artis & seniman batak, semua personil ini sangat lihai memainkan gitar, pada saat itu kerap mereka diundang oleh pejabat pejabat batak untuk menemani mereka pada pesta pesta yang diadakan untuk menghibur tamu tamu mereka. Salah satu petinggi abri Benny Murdani yang bukan batak pada tahun 80an sangat nge-fans dengan group ini dan selalu mengundang mereka untuk menyanyikan beberapa buah lagu batak dan tentunya lagu lagu spanyol yang memang mereka sangat menguasai dengan sangat baik, apalagi dibarengi dengan melody sang maestro batak Iran Ambarita.

Tidak ada yang tau pasti apa penyebab mereka membubarkan diri, namun sampai saat ini ketiga personil ini tampak masih akrab bila bertemu satu dengan yang lainnya, karena ketiganya masih tetap aktif didunia musik batak, Tua Doren Situmorang tampak masih “berusaha” untuk menunjukkan eksistensinya dengan menerbitkan beberapa album solo-nya.

Tahun 1990 terdengar nama Amsisi 2000 bergema, kali ini personilnya terdiri dari Abidin Simamora, Iran Ambarita dan Sastro Marbun.

Sebenarnya mereka mempunyai 2 group yang resmi, namun group yang satu lagi mereka beri nama kwartet Calipso yang beranggotakan 4 orang (bersama almarhum Jan Sitorus), mereka ini sering tampil di hotel hotel berbintang jika menggunakan nama Calipso dan Amsisi 2000 pada saat album album di kaset.

Tampaknya mereka kalah pamor dengan keberadaan Trio Ambisi yang saat itu juga dibidani oleh Charles Simbolon, namun jika berhadapan dengan kemampuan individual dengan menggunakan alat musik, Trio Ambisi masih harus banyak belajar dari mereka. Pasar memang tidak berpihak hanya pada kesempurnaan vocal dan aransemen lagu, ada faktor yang lain yang tidak kerungkap dimana kesenjangannya.

Lagu Supir Panjang ciptaan Iran Ambarita yang kerap terdengar saat ini, sebenarnya adalah album kesekian kalinya yang sudah diterbitkan Amsisi 2000, sebelumnya mereka sudah sering membuat album dengan mengulang kembali merekam lagu lagu yang pernah dibawakan oleh Amsisi yang lama, tetapi nampaknya karena persaingan untuk mengambil hati para produser masih kalah lihai dari group group lainnya.

Anda pernah mendengar lagu Parjolo Sahali ciptaan Iran Ambarita?, lagu ini mereka rekam pada tahun 2000 dan produsenya menghadirkan lagu itu bersamaan dengan lagu lagu terbaik mereka kurun waktu satu dekade selama mereka mengibarkan nama Amsisi 2000. Lagu itu sangat menyentuh, Parjolo sahali…. disima huida bohimi, diparsorang mi, tuportibion…….. yang mendapat inspirasi dari kehidupan orang batak tentang kelahiran seorang “anak” laki-laki, yang menurut orang batak dapat melanjutkan generasi keturunannya. Menurut Iran lagu ini sebenarnya dihadiahkan kepada rekan satu groupnya yaitu Sastro Marbun, yang kala itu baru memerima hadiah kelahiran seorang anak laki laki setelah sekian lama menunggu, padahal sebenarnya dia sudah memiliki anak putri 3 orang. Dapat dibayangkan betapa semangatnya Sastro Marbun menyanyikan lagu ini saat itu.

Sekarang mereka hanya berkonsentrasi dengan Amsisi 2000 dan tidak lagi aktif dengan Calipso, menurut Iran rekan mereka telah meninggal tahun 2004 pada group Calipso, alasan yang paling besar sebenarnya adalah karena jika bernyanyi secara show Calipso membutuhkan energy yang prima jauh lebih berat dari bernyanyi secara Trio, karena dengan Calipso semua personil harus memainkan alat musik masing masing, gitar, melody, bas betot, sedangkan bernyanyi dengan trio kerap lebih santai, mereka cukup bernyanyi diiringi oleh musik keyboard.

Suatu saat, kita akan mendengarkan suguhan lagu batak yang indah dan kekompakan vocal dari group ini untuk mengubah suasana lagu batak yang ada sekarang ini yang cenderung cengeng dan menurut orang “tolu batu”. Saya sangat antusias menyatakan kepada anda, bahwa menurut saya lagu dan musik batak itu adalah seperti warna yang disuguhkan oleh Trio Amsisi atau Amsisi 2000, bukan seperti yang segelintir orang yang mengatas-namakan musik batak moderen yang akhir akhir ini marak beredar.

Kalau kita membeicarakan Amsisi 2000, pasti kita membicarakan Iran Ambarita juga, yang adalah sosok seniman batak yang betul betul mengerti arah yang dia tuju, walaupun kadang banyak rintangan yang dia hadapi dalam profesinya sebagai penyanyi dan penulis lagu.

(bj)

Written by lagubatak

February 1, 2009 at 11:30 am

17 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. molo boi baen hamu jo sada album khusus lagu2 amsisi taon 80an….mauliate.

    Rekman Hutabarat

    August 18, 2014 at 2:55 pm

  2. saya sangat mengagumi lagu2 batak…
    dan yang menjadi trio pavorit saya salah satunya amsisi 2000, masihol iba di hamu bah…

    Daniel Hutabarat

    October 1, 2013 at 3:39 am

  3. Trio Amsisi adalah salah satu trio favorit saya sejak saya masih di SMP. Perpaduan suaranya sangat enak didengar, apalagi kalau menyanyikan lagu-2 rohani seperti Tong do Tau Haposan, Dinamulak Na Tarbuang, dll, sangat indah. Syair lagu seperti Dos Nakkokna Dohot Tuatna, Gabe Mabiar Ahu juga memberi pesan positif bagi yang mendengarkan. Semoga Trio ini terus bekerja untuk terus memberi kontribusi positif bagi masyarakat Batak di manapun berada. Horas.

    Leonard Tobing

    August 23, 2013 at 6:51 am

  4. Kalau ingat Trio Amsisi kadang air mataku menetes tampa disadari, karena mungkin aku salah satu dari maksud lagu yang judulnya tapi syairnya kurang lebih seperti berikut : Beha nama puang ujung ni parsingkolanmi, jojot au mangapian, sungkun-sungkun ma rohangki …….kalau ada yang punya Kaset atau CDnya tolong di masukkan ke Kumpulan Lagu Batak. Tuhan memberkati

    Anthony Baringbing

    April 29, 2013 at 8:02 am

  5. tarpaima do au di album terbaru ni amsisi2000 .minta tolong tu producer corpatarin record.bang Parlindungan pakpahan.

    Dohartapakpahan

    November 19, 2012 at 3:49 pm

  6. HORAS AMANG PARHOBAS NAMI…
    MOLO ADONG DOPE LULUAN LAGU NI AMSISI NAJOLO I TOLONG PABOA HAMU ATE,ON EMAIL HU : gukguk_raja@yahoo.com
    mauliate parjolo

    amron rajagukguk

    August 10, 2012 at 4:08 am

  7. tolong dong lagu@ amsisi tahun 80an!thx,hari Situmorang

    HARI S

    July 29, 2011 at 4:01 am

  8. …H…O…R…A…S…

    holan siregar

    April 15, 2011 at 10:47 am

  9. TTP JAYA

    putri

    February 21, 2011 at 1:29 pm

  10. Toho ma tutu i..
    Au pe Amsisi 2000 on sonari trio na paling lomo rohakku.
    Dang mamakke lagu na monang lirik. Alai suara nai ma.

    hupaima album baru katua…

    masef.sinurat

    January 20, 2011 at 12:35 am

  11. Horas,

    Ai songon na ngaleleng dang produksi, nga malungun iba puang… ai nmancai fans berat do bah tu amsisi 2000.

    Asimin Sihombing
    Sari PAn PAcific

    asimin

    October 4, 2010 at 5:04 am

  12. horas !!!! Molo boi lae, bahen ma nian sarita The friendship dhot The Kings trio… Songon na penasaran iba fuang…

    fredrik Lumban GaOL

    June 27, 2010 at 11:07 am

  13. saya sangat suka lagu2 batak.., trutama suara serulingnya… !!!

    Sajo

    September 3, 2009 at 7:51 am

  14. ko lagu batak trio romansanya g ada??
    kurang lengkap itu bos..

    edoy

    May 26, 2009 at 10:43 pm

  15. Saya fans berat Amsisi 2000. Sama dengan Abang saya Kayan L Gaol, dan bere saya Herbert Sinaga. Tahu 2004 an kami sering nyanyi lagu2 amsisi di lapo2 di Amplas. Orang banyak ga tau tapi setelah kami nyanyikan lebih banyak lagi minta diulang and minta syairnya dituliskan. Semua lg amsisi 2000 saya suka istimewa Sartika, tapasada marohanta and dos do nakkok nang tuatna. Saya minta tolong kepada management Amsisi 2000 dimana saya bisa beli kaset and cd/vcd amsisi 2000. Saya sangat butuh. Tlg ate Abang sastro. Kabar ke email saya joelgaol@yahoo.co.id. Ato hp 081256780575. Mauliate.

    Johanes Lumban Gaol

    May 3, 2009 at 1:18 am

  16. Horas jala gabe, jumolo tiniptip sanggar mambaen hururu-huruan, jumolo sinungkun marga asa binoto partuturan.,ai marga aha do hamu? Au marga manik sian samosir pangururan. Asa tu boi nian gabe erat persahabatni asa tong-tong ma dì bagasan dame nasian Debata.

    datubolon

    April 4, 2009 at 1:33 am

  17. saya sangat ngefans sama Amsisi 2000 tp kalo boleh jangan mengandalkan musik tradisional batak apalagi kalau lagu Rohani,sepertinya tdk nyambung. karna lagu rohani itu sepertinya bukanlah lagu sembarangan karna selain mengandung kepercayaan juga memiliki ciri khas. jadi sy berharap kedepan gunakanlah musik yg pas atau arrasemen musiknya lebih menyentuh. terimakasih. Tuhan memberkati.

    Andes

    March 28, 2009 at 2:54 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 65 other followers

%d bloggers like this: