Lagu Batak

Tentang : Artis, Pencipta, Musisi, Produser, Penikmat, Syair

Trio Ambisi

with 35 comments

Trio ini adalah merupakan ranking teratas saat ini dalam hal jam terbang untuk dunia rekaman maupun undangan untuk manggung pada pesta pesta besar baik di sekitar Jakarta maupun luar kota.

Para personil trio ini adalah : Andy Situmorang, Joe Harlen Simanjuntak dan Charles Simbolon, khusus nama yang saya sebutkan terakhir adalah salah satu dari sedikit artis batak yang memiliki suara yang khas dan mempunyai talenta yang khusus.

Trio ini dapat disebut sebagai pionir group batak yang menyanyikan lagu kenangan pop indonesia pada tahun 2000, setelah J-M-T (Joel Simorangkir, Maruli Sinaga, Tony Simarmata) yang berlabel Blackboard pada tahun 1993. dan Brothers (Marulis Sinaga, Max Simanjuntak, Hermon Pangaribuan) yang berlabel Wahana Records pada tahun 1998. Trio Ambisi mencoba belajar dari kegagalan pasar yang dialami oleh rekan rekan mereka sebelumnya, khusus untuk JMT sebenarnya mereka tidak dikategorikan gagal, karena penjualan kasetnya selalu mengalir dan menambah kocek Blackboard Record yang memang sudah mempunyai pundi pundi besar dari hasil penjualan kaset nasional dan izin edar untuk lagu lagu baratnya, maka tidak terlalu jelas sampai berapa oplah cetakan yang telah mereka keluarkan.

Trio Ambisi adalah alternative dari Trio Amsisi, dengan vacuum nya keberadaan Trio Amsisi saat itu, Charles Simbolon mencoba coba untuk membangun satu group lagi, dia bertemu dengan Joe Harlen Simanjuntak dan Andy Situmorang sambil latihan dan bermain di lapo lapo dan cafe cafe batak saat itu, mereka merasa cocok untuk membangun karir mereka dalam bentuk penerbitan album.

Kerjasama dengan beberapa produser (terutama produser batak) mereka lakukan dan hasilnya tidak begitu memuaskan, bisa dipastikan karena kecilnya ruang lingkup distribusi yang dimiliki oleh produser batak tersebut, saat itu produser batak bagaikan mati satu tumbuh dua, artinya dalam satu tahun bisa muncul nama baru menjadi produser namun karena kelemahan manajemen maka tak lama kemudian redup bagaikan sumbu yang kehabisan bahan bakarnya.

Akhirnya mereka dilirik oleh seorang produser taipan yang telah banyak mengorbitkan artis artis batak saat itu, namanya Columbia Records, mereka dianjurkan untuk merekam suara mereka dalam sebuah kaset dengan menggunakan gitar kopong, tak lama setelah mereka menyerahkan hasilnya, Koh Rudy menyuruh mereka untuk masuk rekaman, terbitlah satu album batak dengan judul “Memory”.
Album ini tidak begitu menarik, namun karena penguasaan pasar yang cukup luas distribusi Columbia Records, dan banyaknya produksi produksi yang laku saat itu, maka Album “Memory” ikut terseret ke pasaran, dan Trio Ambisi mulai dikenal pendengar. Mereka juga menerbitkan album rohani dan dangdut batak dari produser ini.

Tahun 1993 Bragiri Records, dibawah pimpinan Binsar Silalahi pengusaha pedagang rotan asal Pakkat ini mempunyai insting yang cukup kuat, dia telah lebih dulu sukses merekam beberapa lagu dangdut indonesia, seperti “Pembaringan Terakhir” yang dibawakan Gabby Parerra.
Binsar sengaja memesan sebuah lagu khusus kepada Bunthora Situmorang (konon lagu tersebut adalah cerita kehidupannya) untuk dinyanyikan Trio Ambisi, jadilah lagu itu terekam dan dibuat dengan konsep yang matang, dengan kwalitas mixing yang betul betul diawasi dengan ketat maka tanpa ragu Binsar merelease album tersebut dengan mengeluarkan sebahagian dari tabungannya untuk dipakai pendobrak peredaran kaset Trio Ambisi. Hampir setiap hari lagu “Unang Au Solsoli” terdengar di TVRI dalam program nasional dan beberapa kali muncul di stasion TV swasta nasional.
Pasar tidak bisa dibendung, bagaimanapun distribusi yang tadinya kecil mendadak menjadi pekerjaan yang sibuk untuk karyawan Bragiri Record melayani pasar saat itu, saya pun termasuk salah satu yang sibuk memesan kasetnya pada saat saya berada di Purwokerto untuk salah satu proyek yang dilakukan perusahaan dimana saya bekerja, saya melihat iklan mereka di TVRI dengan clip seorang bintang iklan ngetop saat itu bersama seorang wanita cantik dengan menggunakan ulos, saya masih ingat persis adegan itu dilakukan didaerah salabintana, jawa barat.

Trio Ambisi kebanjiran job, dan mereka sering bepergian ke Medan, Palembang, Surabaya dan kota kota besar lainnya untuk menghibur orang orang batak yang betul betul kehausan setelah beberapa lama tidak terpenuhi.
Demikianlah berjalan sampai hampir 5 tahun mereka banyak mengeluarkan album dari produser produser lain, sedangkan Bragiri terlena dengan kesuksesan yang diraih atau konsentrasi dengan usaha yang lain maka untuk produksi kaset menjadi hal nomor urut terakhir.
Sejak tahun 1998 Trio Ambisi mulai agak lesu, mereka seringkali hanya datang ke studio sekedar bersenda gurau dengan rekan artis batak lainnya tanpa kegiatan yang pasti.

Bermula dari perbincangan atas kegagalan trio yang baru mengeluarkan album pop kenangan indonesia, Charles Simbolon diam diam merekam dalam hati perbincangan tersebut, menurut banyak kalangan kegagalan tersebut lebih terfokus kepada kegagalan warna vocal dan pelafalan, orang batak ternyata masih banyak tergelincir untuk pengucapan/bernyanyi berbahasa indonesia.
Beberapa hari kemudian dia menawarkan proyek untuk pembuatan proyek album pop indonesia kepada salah satu produser batak pendatang baru BMJ yang dimiliki oleh seorang pengusaha percetakan marga Tambunan.
Tambunan setuju dan menyerahkan seluruh ide tersebut untuk ditindak lanjuti oleh almarhum A. Sijabat yang bertugas sebagai pengumpul lagu, pelaksana rekaman.

Sijabat yang ditunjuk untuk melaksanakan album ini menghubungi Tigor Gibsy Marpaung sebagai penata musik dan penata vocalnya. dan didampingi musisi Jimmy Pangkerego, pemusik tamu Gatot untuk pengisi Gitar dan Henry Lamiri dengan gesekan biolanya.
Banyak sudah memang kalangan artis batak pada saat mendengar pada saat take vocal berkomentar. bahwa album ini akan menjadi pengukir sejarah baru lagi pada Trio Ambisi, perpaduan vocalnya yang hampir sempurna dari ketiga personil trio ini.
Tapi bukan Tigor namanya jika tidak ada kontroversi, dia mempermasalahkan beberapa kali pengisian musiknya, ….. #### lah, musiknya jangan dibuat seperti itu dong, ini harus diganti!! kira kira begitu komentar arranger Tigor Gipsy dengan aksen Medan nya yang terdengar khas dan sengau, kalau musiknya tidak sesuai dengan apa yang diharapkannya. beberapa kali memang terjadi perombakan disana sini.

Singkat cerita, Trio Ambisi kembali menjadi bulan bulanan pasar lagu pop kenangan indonesia, lagu “Jangan Sampai Tiga Kali” ciptaan Tagor Pangaribuan, “Demi Kau dan Sibuah Hati” Ciptaan Pance Pondag adalah lagu yang sering terdengar, dari aceh ke papua lagu ini berkumandang dengan gelegarnya, baik di rumah rumah makan, karaoke bahkan di mobil angkutan, lagu mereka sering terdengar. Tambunan kaya mendadak!.

Berkat lagu pop kenangan itu juga mereka menjalin hubungan “keluarga” angkat dengan Gubernur Papua, dan khabarnya mereka mendapatkan hadiah berupa tanah di daerah itu, dan gubernur dengan tegas mempersilahkan kedatangan Trio Ambisi kapan saja mereka mau. Karena konon Trio Ambisi turut setia menemani Gubernur pada masa masa kampanye pencalonannya.
Puncaknya mereka diberi kesempatan untuk membuat album daerah Papua, sungguh hal yang belum terjadi selama ini. Seharusnya Trio Ambisi pantas menerima penghargaan dari Gubernus Sumatera Utara, bukan kah mereka dapat dianggap sebagai duta orang batak yang mampu membawa nama orang batak jauh melambung didaerah orang.

Trio Ambisi telah mengeluarkan tak terhitung lagi album batak dan pop indonesia tidak kurang dari 5 album dari peroduser yang berbeda, mereka juga ditaksir beberapa produser untuk membuat album daerah, toraja, minang dll. Perjalanan keluar kota adalah hal yang sangat rutin mereka lakukan, sampai mereka kelebihan job karena banyak yang berbenturan waktunya, maka group lain biasanya kebagian untuk menampung.

Tahun 2007 adalah puncak ketenaran dan awal merosotnya pula, karena pada tahun tersebut salah seorang personilnya Charles Simbolon menderita sakit, membuat dia harus opname di beberapa rumah sakit di jakarta ditambah dengan usaha untuk penyembuhan harus rela menahan sakit untuk pergi ke negara jiran malaysia, namun sampai saat ini dia harus istirahat total sampai waktu yang tidak dapat ditentukan. Mudah mudahan dia masih bisa bernyanyi, tukas salah seorang penggemar setelah melihat Trio Ambisi, Charles digantikan oleh orang lain mengisi kekosongan sementara.

Written by lagubatak

August 31, 2008 at 4:44 pm

35 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. horas!
    bio do mangido teks/not lagu namarjudul ”ASA DENGGAN NGOLUM”
    asa hu pelajari hami jo di koor naposobulung amang.
    lam tu maju na ma trio amsisi.
    tabe dohot mauliate.

    gubuk derita

    February 14, 2013 at 9:13 am

  2. Horas. trimakasih atas lagubatak.wordpress ini. mau bertanya dimana bisa beli cd lagu lagu batak. mauliate.

    tumorang

    August 15, 2012 at 4:05 pm

  3. Helo Trio Ambisi
    Saya pengen ikut bergabung sama trio Ambisi
    Caranya bagaimana yah
    Karna saya ingin jadi seperti trio Ambisi jadi penyanyi
    Saya Minta bantuan yah yah Trio Ambisi
    Selemat malam
    Mauliate

    Elisabet Simamora

    June 13, 2012 at 2:41 pm

  4. Horas buat semua artis Batak yang ada di jagad raya>>>>buat trio ambisi saya sangat salut dgn warna suaranya dan khusus kpd lae Andi Situmorang salam kompak dan hangat selalu lae…saya sangat terkesan bisa sama2 lae nyanyi bareng di cafe ragunan…saya tdk duga kita bisa duet dgn lagu “tao ni ajibata”…horas lae dan salam buat teman2 kita di jkt ya…teruslah berkarya dan berkreasi untuk tingkatkan blantika musik batak….Pacu terus perjuangannya….

    sondex

    May 3, 2012 at 11:11 pm

  5. horas trio ambisi. di papua barat.ambisi sangat terkenal

    jhon damanik

    November 8, 2011 at 9:55 am

  6. Free Download Mp3 | Batak http://musicportable3-batak.blogspot.com/

    myvanhowts

    October 2, 2011 at 5:11 am

  7. horas……………!!!!!!!!!

    mangalului mp3 ni lagu sikkola bidan au (dang hurippu ho ito si ose padan)
    alai dang dapt hu…

    molo boi urupi hamu jolo au…

    mauliate….

    horas, horas, horas….

    Edison Malau

    August 20, 2011 at 5:21 am

  8. Salute buat kawan2, lae, ito diatas yang senang dgn lagu batak

    Buat lae admin, request Lirik lagu Trio Ambisi – Boan Ahu di tangiang Mi

    Mauliate godang

    Taor J. Nainggolan

    June 15, 2011 at 1:49 pm

  9. halo lae, saya mau intro, saya nih keturunan tiong hua, tapi saya suka banget lagu2 batak. asik giu lah. koleksi ku pun udah cukup banyak. lae, masalah ku adalah aku gak gitu ngerti dengan bahasa batak, jadi agak payah arti lagu2 itu. aku tau pasti artinya bagus. request ni, kalo bisa serta kan arti donk untuk tiap lagu. biar aku tahu maksud nya. thank you lae ku….

    Rusmin xie

    November 18, 2010 at 4:20 pm

  10. horas diakka dongan sahuta sasudena.. trio ambisi best of the best….

    aqilla tambunan

    November 14, 2010 at 4:07 pm

  11. hola, hermon espero que estes bien donde quieras que estes saludos a la distancia tu amigo.

    Igor

    igor bahamondes

    October 6, 2010 at 3:51 am

  12. paman gimana cara aku mau dengar lagu batak

    boru batak

    October 2, 2010 at 1:08 pm

  13. Meskipun saya tidak bisa bahasa batak tapi suka ma nada lagu-lagu Trio Ambisi.

    Tyas

    September 30, 2010 at 8:47 am

  14. Horas akka dongan nabasa.
    Au naeng mangalului dongan naeng mambaen grup band nian bo. Au boi mencipta lagu dan vokal. Domisili Tangerang. Kontak au ba tu: hanstama@yahoo.com.
    Mauliate

    hans

    August 30, 2010 at 9:15 am

  15. Trio Ambisi Best is the best,,,,,
    semoga terus sukses

    parman

    August 3, 2010 at 1:32 am

  16. Hebat!

    Toharudin Hutagalung

    July 29, 2010 at 12:55 pm

  17. krennnnnnnnnn

    lanjutkan perjuangan Tulangggg…..

    horas jala gabe……

    jalogok sianipar

    December 30, 2009 at 5:10 pm

  18. Trio ambisi,sesuai dgn namanya,slalu ambisi sukses,betul??

    Charles

    December 6, 2009 at 2:35 am

  19. ambisi.mana lg baru nya?ko ga ada lg.shtdo Among charles smbln? smg TUHAN memberkati.HORAS,,,

    martua alexander tumanggor

    November 16, 2009 at 9:00 am

  20. tabo nai hubege endeni trio ambisi holong na tarhirim dohot melnok cintakki. anggo endeon gabe andalan hurasa boi trio ambisi naik tangga menguasai lagu batak.

    lionelgultom

    September 23, 2009 at 11:35 am

  21. HALO AMBISI….BOASA soNgon na sePi…na adong do masalaHHH…

    asa meLuncuR hami da…,TRIO SO PALA GANAS.

    SI MANIk NA POGOSSS SIAn SERPONG MUNCUL…

    royal

    September 1, 2009 at 2:18 pm

  22. Au tangianghon asa tulang simbolon boi marende torus sai diramoti Tuhani, boi do sukkunonku didia lagu siose padan, maraburan ilukki boi dibege muse.

    lionelgultom

    August 21, 2009 at 11:38 am

  23. di mana lagu siose padan, dang alani parsirangan bisa didapatkan lagi

    lionel gultom

    August 6, 2009 at 1:32 pm

  24. kapan ya trio ambisi buat album baru lagi.http://bataktapanuli.blogspot.com/

  25. kapan yah trio ambisi buat album baru lagi.http://bataktapanuli.blogspot.com/

  26. Horas di hamuna akka lae niba di TRIO AMBISI! Beha do nuaeng barita ni lae simbolon nunga sehat be kan? Nunga tung sihol roha marnida haroro muna lae, tarlumobi tikki dibagasan parsahiton halak lae simbolon agak vakum selama 2 taon on. Molo boi nyian pangidoan molo adong rencana TRIO AMBISI rekaman asa mambaen Album Rohani Batak do nyian ( uning2an blh jg), Album Batak Nostalgia karya2 cipta al: Freddy Tambunan,Bunthora, Tigor Marpaung serta pencipta senior Batak yl. Alai adong sada nai Top Hits Nostalgia pop Indonesia 6 ate lae. jala molo boi pangidoan lagu ” Symponi yang Indah.” tolong dibuat lg ya. Horas ma. Tuhan Memberkati

    daniel

    June 13, 2009 at 2:51 pm

  27. Kembali deh TRIO AMBISI nunga tung masihol hami akka penggemar muna on Tp ada yg saya inginkan satu aja dari TRIO AMBISI, spy membuat Album Rohani Batak yg Bagus ( Lagunya klu bisa hasil karya pencipta Batak yg Bagus spt: Tigor Gipsy, Bunthora, Tagor tpbolon dll) sekaligus buat ucapan Syukur kpd TUHAN bahwa sdra lae Charles sdh sehat dan tampil kembali di tengah2 kita semua. Bagaimana TRIO AMBISI,…?

    sangapta simatupang

    April 14, 2009 at 1:36 pm

  28. Ingkon ukkoron ni tulang si Charles Simbolon do tintin naambokkon tu tao ii asa marende muse. nungnga be sehat kan? Selamat berkarya

    Johansen Silalahi

    April 12, 2009 at 4:22 pm

  29. U/ adek Rama Simbolon. Terima kasih kita Ucapkan kpd Tuhan Yesus karena kondisi Bapak skr sdh Sehat. Ini Semua karena Berkat Tuhan Bapak sdh sehat kembali. Mudah2an dalam waktu dekat ini Bapak bisa kembali tampil bersama dgn TRIO AMBISI-nya di tengah2 penggemarnya, karena kami penggemar sdh rindu dgn kehadiran mereka. Salam saya u/ Bapak dan keluarga. Tuhan Memberkati. Berlin Sianturi.

    berlin_sianturi

    February 20, 2009 at 2:33 pm

  30. saya sebagai anak nya charles simbolon yang nmor 2 saya ini menulis bersama papa saya CHARLES SIMBOLON .saya Charles simbolon kondisi saya sudah sehat TOLONG bantu doanya ya…..MAULIATE MA DIHAMU SASUDENA

    rama simbolon

    February 7, 2009 at 7:15 am

  31. horas bah tulang di hamu…………..???????????????????????????SELAMAT NATAL MA DI HAMU………..??????????????????????????????????ai dia do poto muna na tolu,,,,,,,,,,,,,,????muat jo………???????ate?????????????????mauliate

    eca Lumban gaoL

    December 24, 2008 at 5:53 am

  32. kepada pengasuh provider ini: Kira2 masih ada gak koleksi Lagu NATAL TRIO AMBISI PRODUKSI COLUMBIA RECORD yg dulu? klu ada tolong konfirmasi ya lae? mauliate, Horas

    berlin sianturi

    December 20, 2008 at 3:38 am

    • Lae berlin,
      masih ada lae, dan masih lengkap semua seperti yang dulu beredar, kalau lae kesulitan mencari di toko langganan lae, bisa juga menghubungi distributor/produsernyanya, Colombia Record : 021 6281224.
      semoga membantu, mauliate
      bj

      lagubatak

      December 22, 2008 at 5:14 am

  33. “Gunung-Gunung Lembah-lembah,..yang penuh misteri,..kan ku puja selalu,…….dst,….. ha ha ha,… Horas di hamu,.. Nga Sehat Amang tua si Charles Simbolon,…? Tembagapura selalu menunggu kehadiran muna muse bah,……. Boha do PALM Amang Andi Situmorang,… Jala Boha muse do disi Amang Arlen Simanjuntak,… Dang terasa nga na bolak balik Jakarta – Papua i ate,… he he he,..
    Bergetr Tembagapura i,… ha ha ha

    Ginto Ginting - Tembagapura_PAPUA. 0852-5497-6789.hp

    December 1, 2008 at 7:09 pm

  34. minta tolong kirimin listnya lagu lagu batak saya senang dengan lagu batak
    terima kasih
    @Amin : Cemmana kamsud lae?, kalau mau lihat list lagu batak, silahkan baca sepuasnya. kami berusaha update setiap minggu untuk liryk lagu batak populer. saya mengizinkan semua pengunjung untuk menyimpan atau membagikan ke pihak lain seluruh yang tersimpan pada blog ini.
    mauliate

    Amin rofiq

    September 26, 2008 at 2:54 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 64 other followers

%d bloggers like this: