Lagu Batak

Tentang : Artis, Pencipta, Musisi, Produser, Penikmat, Syair

Rita Butarbutar

with 35 comments

Jangan terus menilai saya terlalu sarkastik bila saya menilai penampilan penyanyi serba bisa ini bisa disejajarkan dengan penyanyi penyanyi top dunia. Memang saya menyadari bahwa tidak semua diantara kita senang dengan lengkingan suara wanita untuk membawakan sebuah lagu, apalagi mungkin itu berbentuk andung.

Bah, dengar dulu lae…. kata seseorang kepada temannya, karena sewaktu tiba giliran Rita Butarbutar untuk membawakan sebuah lagu dalam vcd seleksi, temannya ini langsung men-skip lagu tersebut karena dia menganggap terlalu sakit kuping mendengar lengkingannya.

Saya tidak perlu menceritakan apa yang terjadi pada saat itu, tapi setelah dia mengikuti saran temannya tadi agar mendengar dan menyimak lagu yang dibawakan oleh Rita itu, dari saat itu dia merubah pola pikirnya menjadi mengidolakan Rita Butarbutar. Dan saya mendukung tindakkanya karena sebelumnya saya persis mengalami hal yang sama.

Jika kita perhatikan cara dan tehnik yang digunakan Rita Butarbutar untuk bernyanyi, tidaklah begitu berbeda dengan penyanyi penyanyi lain, mungkin Tuhan telah mentakdirkan dia sebagai penyanyi daripada sebagai seorang ibu ibu yang suka arisan dan marjoker karo.

Bermula pada tahun 80an Rita Butarbutar yang masih muda belia, dipertemukan dengan Lolypop Records milik Rinto Harahap, si jago menulis lagu cengeng itu memciptakan lagu buat Rita Butarbutar dalam album pop indonesia, dan lagu itu dikenal luas oleh masyarakat indonesia terutama dibelahan indonesia bagian timur. Seandainya Aku Punya Sayap… itulah judul lagu yang menghiasi beberapa radio di ibukota saat itu dan daerah daerah lainnya, dan nama Rita Butarbutar menjadi sangat tenar, teman saya berkomentar, seandainya paras Rita Butarbutar mirip seperti Sophia Loren mungkin ceritanya akan lebih seru.

Almarhum ibunda Rita Butarbutar yang kala itu selalu mendampingi kemanapun Rita bepergian, berhasrat untuk menerbitkan album batak untuk putrinya, bertemulah dia dengan pencipta lagu batak Dakka Hutagalung, kebetulan Dakka Hutagalung sedang menggarap beberapa album batak dari salah satu produser di jakarta.

Lagu Didia Rokkap Hi, adalah lagu yang pertama menggetarkan suasana hiruk pikuk lagu batak saat itu, alunan suara yang datar pada intro lagu masih mengalunkan betapa seorang wanita menanyakan sang ibundanya yang selalu gelisah karena melihat putrinya yang tidak kunjung menikah padahal umur sudah semakin dewasa (baca: tua). Setelah alinea pertama dan kedua selesai dengan datar maka kita harus bersiap siap untuk mendengar reff lagu dengan lengkingan lengkingan yang tidak sembarang suara bisa membawakannya. Rita Butarbutar mendapat sambutan hangat dan histeris dibeberapa pertunjukan acara batak pada saat membawakan lagu tersebut dan “Didia Rokkap Hi” menjadi nama tengahnya dari saat itu, sampai saat ini lagu tersebut tidak kurang dari 3 kali telah direkam ulang, kita bisa menikmatinya dalam bentuk vcd. kalau suatu saat kebetulan anda bertemu dengan Rita dalam acara show di acara tertentu bernuansa batak, jangan segan segan meminta lagu itu, dia akan besenang hati membawakannya, demikian dia nyatakan pada salah satu acara di TIM tahun 2001 yang lalu. “ini adalah bagaikan lagu wajib bagi saya” katanya diatas pentas.

Rita Butarbutar sadar, walaupun album volume pertamanya dalam pop indonesia sukses dipasaran, namun dia tidak banyak berharap untuk melanjutkan karir dalam blantika musik pop indonesia, namun dalam acara acara batak diseluruh nusantara dia kerap berada terutama acara acara pembangunan gereja, karena panitia gereja dengan lihai dapat memanfaatkan suara Rita untuk mendapatkan uang yang banyak dengan cara lelang.

Hari berganti bulan, bulan berganti ke tahun, Rita yang telah menikah dengan Leo Simanjuntak mengurangi aktifitasnya dalam dunia rekaman, namun dalam kurun satu tahun dia masih mengeluarkan minimal 1 album dari produser yang berbeda.

Pada awal 90an Bragiri Records mencoba untuk menggabungkan suara Rita Butarbutar dengan sang raja andung batak kala itu Johny S, Manurung, duet ini sempat merajai peredaran kaset lagu batak, disamping kepopuleran Trio Maduma saat itu, karena pada bite bite tertentu Trio Maduma juga disertakan untuk backing vocal. Sejak itu dia banyak disandingkan dengan penyanyi penyanyi batak yang cukup sohor untuk berduet, diantaranya : Joel Simorangkir, Charles Simbolon dan Bunthora Situmorang.

Silogan Records melihat peluang, apa yang terjadi jika 3 diva batak saat itu digabungkan untuk membuat sebuah album?, jadilah Rita Butarbutar membentuk trio bersama Herty Sitorus dan Rina Sidabutar, kalau anda belum pernah mendengar gabungan suara mereka ini, saya sarankan cobalah dengar, anda mungkin setuju dengan saya bahwa ketiganya layak disandingkan bahkan melebihi 3 diva yang sering anda lihat baru baru ini. nama mereka disebut “Ladies Trio”. Namun nama tersebut tidak bertahan lama, hanya berhasil menerbitkan 1 album batak, padahal waktu itu sungguh banyak sponsor yang ingin mendanai rekaman mereka apabila mereka bersedia untuk bersama sama kembali, namun kelihatannya Rina Sidabutar yang saat itu sedang banyak tawaran manggung dibeberapa cafe, tidak dapat membagi waktunya untuk Ladies Trio. Sedangkan Herty Sitorus dan Rita Butarbutar masih terlihat akrab sampai saat ini. Dan mereka masih terlihat membuat 1 buah lagu duetnya dalam Album “Holong”.

Sekarang, dia telah sibuk dengan keragaman kehidupan sebagai ibu rumah tangga bagi anak anaknya yang sudah beranjak dewasa, namun apabila ada acara yang ingin menyertakannya dia jarang menolak apalagi dengan alasan keterbatasan honor. dialah penyanyi yang menurut artis batak yang jarang menyertakan angka berapa honor yang akan dia terima. “molo adong pangomoan mu sian acara i, bagi hamu ma di au”, begitulah kira kira sentilan dia untuk beberapa panitia yang mengundangnya. Tapi dia sangat tegas kepada produser produser yang ingin memakai namanya.

Saya berharap kiranya ada tumbuh penyanyi penyanyi muda seperti Rita bagi orang batak, yang mempunyai bakat dan suara seperti dia, terlebih bagaimana seorang Rita melakoni hidup sebagai pribadi yang dinamis dengan keseimbangan public figure dan kesehariannya.

Nakkok au tu dolok, tuat au tu toruan da inang…………………. nyawa lagunya menyala!

Written by lagubatak

September 1, 2008 at 3:35 am

35 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Saya adalah fans nya rita butar butar mulai saya berusia 13 thn tepatnya kelas 1 smp hingga sekarang,,merinding bulu romaku,,ketika beliau masuk ke reff,,setiap lagu dibabat sama beliau,,kl org bilang 1 octaf bagi saya 7 octaf,,salah satu ny adalah TAO TOBA I DO SAKSI,,saya sangat merinding ketika Rita menarik ref nya,,MENGGELEGAR..kapan show lagi..”Ditunggu ya ito penampilanny..salam dari fans mu..Hisar silalahi pintubatu

    hisar pintubatu

    January 12, 2014 at 12:31 pm

  2. Ribut…….Tiasa duanya…yg lainnya…cape deh………….

    sibarani robert

    June 30, 2012 at 7:33 am

  3. ah..Emang RiBut..TOP deh..Ga salah aku nge-fans sama dia. kesan nyanyinya emang ribut, mungkin karna jangakauan nada nya yang range sangat lebar..Tp salut dah..duluan ada Ito Rito butar-butar baru ada MAriah Carey dan Celine Dion. Secara kualitas juga, masih bagusan Mbak Rita Kok.
    Tapi aku penasaran yah..apa Ito Rita bisa tehnik nyanyi Whistle Regist kaya MAriah Carey?
    Aku yakin pasti bisa..suara asali nya aja tinggi banget..apalagi whistle regist?

    Kalao ada kesempatan bertemu sama Ito Rita, aku pengen memberikan beberapa lagu yang ku tulis dan cipta sendiri untuk dinyanyikannya..Kalo udah di nyanyikannya,,senang hati deh..

    Charles Sinaga

    May 8, 2012 at 1:26 am

  4. saya sangat terkesan dgn lagu batu gattung & saputangan horas horas horas tano batak

    jhon damanik

    December 15, 2011 at 8:43 am

  5. dulu Rita Butar-Butar, Herty Sitorus, dan Tetty Manurung jg pernah dipersatukan oleh produser batam Joller sitorus dalam sebuah trio “NARAS SISTER” yg artinya Nairasaon Sister.. keren albumnya yg bertajuk “siholmi” itu..

    dodos

    July 19, 2011 at 7:30 am

  6. Saya selalu dan akan selalu tertegun saat mendengar lagu RiBut khususnya 2 lagu favourit saya Didia Rongkap Hi dan Parsirangan di Tampomas.

    Hotman S

    May 5, 2011 at 6:44 am

  7. senangnya klau bisa bertemu langsung ma nantulang rita butar2 ne saya pengen sekali duet ma nambiru it walaupun kualitas suara saya tak sebagus yg dia miliki tpi it salah satu impian saya jika saya bisa berduet sama dia saya akn senag sekali……………………
    bravo buat nantulang rita butar – butar….

    daulina manullang

    February 23, 2011 at 12:45 pm

  8. slm knl namboru

    namboru kapan lg buat lgu

    saya pengemar namboru

    robby enjoy

    January 19, 2011 at 5:07 pm

  9. buat namboru rita butar2 bgus bgt suara namboru rita sukse selalu namboru

    gbu

    robby enjoy

    January 19, 2011 at 5:04 pm

  10. Dang adong dope huboto naboi disejajarkan kualitas vokalnya dengan Rita Butar Butar, sahat tu sadarion
    Memang dia punya talenta yang luar biasa

    Roland Munthe

    July 2, 2010 at 5:59 am

  11. salam kenal ya bou…saya penggemar berat bou pengen rasanya foto bareng ama bou…

    yosafat butar butar

    June 22, 2010 at 1:15 pm

  12. memiliki wajah boru batak orisinil, tapi kualitas suara melampaui caline dion,bravo..bravo..

    sakti

    February 5, 2010 at 5:01 am

  13. gilaaaaaa gw ngefans abies sama RBB….sumpah suaranya gokil gila…….
    masalah rina sidabutar dy ga sibuk manggung kali…dy itu gueu vocal temen gw….

    pahala marboen

    January 20, 2010 at 2:17 pm

  14. Emank btol suara ka rita sangat bagus trus tinggi sekali……. Smoga talenta yang Tuhan Sudah berikan dapat ka rita tingkatkan……… klo ada orang ga suka lagu ka rita emank dia ga ada sifat orang batak….. sukses ya ka……

    Deisy

    January 5, 2010 at 3:21 am

  15. Sai hutangiako do sai adong ma nian songon halak inang Rita butarbutar on na boi melanjuthon soara ni halak inang asa unang mago nian. Alana molo sai binereng hira maol do songon soara halak inang Br butarbutar dapoton. Sai gnang ma nian umur ni halak inang Br butar asa sai adong bege on.

    Pelik

    November 27, 2009 at 2:09 pm

  16. syalom kak,apa kbr?sehat do kan??smoga tambah sukses ya JBU

    mega simbolon

    October 6, 2009 at 8:35 am

  17. gaul do ate ito

    JhoE>7264R

    August 29, 2009 at 3:09 am

  18. Horas ito,..beha do barita muna nuaeng? songon naso hea be haidaan album muna naimbaru,.. Taringot na, naso berlanjut be huroa mambaen album ni ARBAB i ito? Tetap berkarya dong ito, unang sai holan show na tu luar kota i, jaga stamina! he,..he,..

    phil collins

    July 28, 2009 at 12:31 pm

  19. woyyyyy, biar tau kau ya……
    aq lah fans bratnya ka’ rita
    key…………………..

    casmorrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

    April 14, 2009 at 5:54 pm

  20. Salah satu artis Batak yg sangat sederhana tp memiliki talenta selangit. Banyak orang yg memang sengaja memojokkannya dgn bermacam sindiran, tapi sebenarnya adalah sebagai buah dari kekaguman (bercampur iri) terhadap Rita Butar butar. Sekarang beliau banyak berbuat diladang Tuhan. Terimakasih ito Rita Butar-butar, kami bangga atas dirimu.

    IhutM

    April 7, 2009 at 8:57 am

  21. TERNYATA SERU JUGA DUET dengan namboruku tanggal 29 maret 2009 dilampung kemarin. yah… walau suaraku dak sebagus suara namboruku ini, tapi bagiku dah suatu kebanggaan besar bisa duet dengan diva batak.
    setidaknya aku jadi tahu bahwa suara namboru tinggi banget. makasih ya namboru dah mau duet dengan dainty. semoga saja tuhan memberikan jalan supaya kelak aku bisa meneruskan suara namboru yang tinggi itu. dainty akan berlatih lebih giat lagi. supaya ketika kelak aku duet dengan namboru lagi, suaraku bisa seimbang dengan suara namboru. Tuhan memberkati namboru ya.

    daenty Butar-butar

    March 31, 2009 at 7:37 am

  22. Horas,molo namboruku on (Rita Butarbutar) dang tardokon ahu bah tabo hian hu bege soarana…Bravo BUTARBUTAR Brothers in the world.GBU aLL..

    N@ndo Edward Butarbutar

    March 21, 2009 at 3:56 am

  23. aku bangga banget dengan namboruku rita butar-butar, dari dulu keinginanku aku bisa duet dengannya dalam acara gereja. jika kelak aku bisa sepertinya dan mengembangkan suara spt yang dia punya. aku pasti berikan itu pada Tuhan dan gereja. cause’ that is my hope for Wholelife. ku dengar tanggal 29 maret 2009 namboru mau datang ke lampung menghadiri acara pembangunan di gereja. Aku tunggu kedatangannya dan aku berharap kita dapat duet bersama. karena itu impian ku. semoga Tuhan mengijinkanku tuk berduet dengan namboru ya….God Bless u….

    daenty

    March 14, 2009 at 3:52 am

  24. saya lina br manullang pertama kali saya mendengar rita butar-butar menyanyi saya sangat kagum karena belum pernah saya mendengar suara sebagus itu saya sangat suka dengan suaranya dan penampilannya.

    saya ingin jumpa sekali ma rita butar-butar dan menyanyi dengannya karena dia adalah artis favorit saya…………….

    sukses ya buat rita butar-butar

    daulina

    February 23, 2009 at 6:53 am

  25. suara sebagus suara rita butar butar mah masih ada yang ga suka ?
    wah parah tuh orang,

    Benhawerd Simanjuntak

    February 21, 2009 at 10:07 am

  26. kalau ada yang ngak suku dengar lagu lagu yang dinyayikannya, berati orang tsb pekal alias nengellon………………

    doli sibarani

    February 2, 2009 at 8:07 am

  27. ise do mandokkon parongil huta-huta hian, nungga pola maju bei, apalagi akka ianakkon na sian huta i, ba nungga tung godang na marhasil di pangarantoan, ido kan…….. horas

    egi

    January 23, 2009 at 8:18 am

  28. Ai adong huroa parende Batak na boi disetarap hon tu Rita Butar butar?

    Rachel Nadeak

    December 19, 2008 at 11:36 am

  29. dari pada tu parongil dao lae ginting sekalian ma tu sihiong,,,,,,,
    hehehehehhehehehe……..

    ai dang ditanda si rita butar2 parongil….
    ai hubege apala huta-huta hian do i????

    unang ma tu san ate,,,, uttagon matu silait-lait….
    ditanda lae do silait-lait????
    dolok ni siborong2 ngi, sarupa do huta2 hian dohotparongil
    hehehehehehehe……

    parlindungan

    December 11, 2008 at 1:12 pm

  30. Horas Tante Rita Butar-Butar,.. Andigan ma muse hamu ro tu Tembagapura_Papua,…? Nunga Masihol iba umbege suara na massai timboi,…… Sai adong muse nian tikki boi hamu ro tu Tembagapura muse,…. Sapala tu PARONGIL-SIDIKALANG pe taho,.. he he he,…

    Ginto Ginting - Tembagapura_PAPUA. 0852-5497-6789.hp

    December 1, 2008 at 6:51 pm

  31. Horas ni aq flo selamat ya klo abang dah terkenal

    floria

    November 26, 2008 at 8:50 am

  32. Puji Tuhan! Rita butar-butar mendapat talenta dari Tuhan. Awalnya aku gak suka denger dia nyanyi, tapi ketika dia nyanyikan Lagu BATU GANTUNG, Ha…………!!! sangat luas biasa!! dia memang pantas tuk di gemari banyak orang, dengan suaranya yang mempunyai ciri kahs yang kuat. Key!! Sukses Buat RITA BUTAR BUTAR. GBU

    Dewi Malau

    November 3, 2008 at 4:19 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 66 other followers

%d bloggers like this: