Lagu Batak

Tentang : Artis, Pencipta, Musisi, Produser, Penikmat, Syair

Charles Simbolon

with 56 comments

Karena keinginan yang begitu besar belajar musik dan menyanyi, Charles Simbolon tidak bisa berbuat apa apa, kecuali mencuri. Akibatnya ia sempat berurusan dengan polisi dan menginap pula di penjara selama 3 bulan. Bertahun tahun kemudian Charles tetap juga sebagai pencuri simpati masyarakat pencinta lagu batak, sekaligus mendaulatnya sebagai salah seorang penyanyi pujaan.

Popularitas Charles sungguh tidak diragukan lagi. Kiprahnya itu baik tampil trio bersama groupnya, duet, keroyokan dan solo karir bukan saja menjadikannya penyanyi paling produktif merilis album, sekaligus juga menempatkannya sebagai salah seorang artis batak berpendapatan memadai kalua masih malu mengatakan “lebih dari cukup”.

Kesuksesan itu tidak gampang diraih. “Saya sering menahan lapar untuk latihan bersama Iran Ambarita dan Tua Doren Situmorang”, katanya mengenai awal berdirinya Trio Amsisi yang melambungkan namanya. Juga ditambahkannya, “Saya berusaha keras mendekati keluarga Rita Butar Butar dan pihak rekaman agar bisa tampil duet dengan Rita Butarbutar.

Maling Kecil

Charles dilahirkan di Ajibata 10 April 1959 sebagai anak kelima dari delapan bersaudara, keluarga M. Simbolon dan P. br. Sirait. Merasa mampu menyanyi, ia sempat berkecil hati karena tidak diizinkan jadi anggota vocal group SMPN Parapat tempatnya sekolah dalam rangka perpisahan dengan kelas tiga. Alasannya, disamping masih kelas satu, vocalnya belum bagus dan sama sekali belum tahu memainkan gitar.

Tekat menjadi penyanyi besar sontak menggelegak. Tidak punya gitar karena ayahnya yang mengelola sebuah toko grosir tidak membelikannya. Charles akhirnya belajar gitar dari Arifin Silalahi, tetangga yang dikenal pintar bermain gitar. Untuk memenuhi persyaratan “sang guru”, yaitu harus dibelikan rokok galan (rokok termahal saat itu) Charles akhirnya mencuri rokok dagangan ayahnya. Lama kelamaan tatkala ia duduk di kelas dua SMP Charles sudah tidak canggung lagi menyanyi sambil memeluk gitarnya.

Di usia sedini itu Charles dudah ditawarkan Victor Sinaga -  seorang penyanyi Hotel di daerah Parapat – bergabung dengan grupnya, menyanyi di hotel dan restoran. Tawaran ini ditampik sebab Charles dan teman temannya merasa lebih bebas menjadi penyanyi pakter pakter tuak.

Sering tampil di pakter tuak, mulai akrab dengan minuman keras ditambah kebutuhan mencari uang untuk difoya foyakan disana, mebuat Charles dan teman temannya kerab mencuri. Kalau kesempatan mencuri tidak ada, korbannya adalah celengan kakak perempuannya.

 

bersambung…………….

Written by lagubatak

September 7, 2008 at 3:48 am

56 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya yakin,wlaupun penyanyi legendris batak tulang carles simbolon dah pergi kednia lain indstri musik batak tetap jaya.karna masih ad simbolon simbolon yg masih baik lagi.horaaaaaaaaaaaasssssssssssss,,,,,,,,,,,,,,

    don sirait

    December 17, 2012 at 2:47 am

  2. suara mu lae carles sngat lah merdu……saya sangat bangga akan kehadiran suara,karakter,dan perjuangan mu di tano batak kita na uli..dari sya kecil smpai saat ini saya msih menyimpan semua hasil dari karya mu…..dan sekarang saya ber istrikan yg semarga dngan mu……. mudah2an anak sya kelak bisa sprti mu…….horasssssssssss…….carles….

    andy hutapea

    July 21, 2012 at 1:28 pm

  3. Sy salah seorang dr pengagummu, suaramu sgt kukagumi, dan kepergianmu membuatku kehilangan figur penyanyi batak. Horas slamat jalan.

    Asteria

    July 3, 2012 at 10:05 am

  4. suara emas charles,,,,,, merdu skli
    slmt jln y tulang

    frina

    June 27, 2012 at 2:11 am

  5. Horas, Lae lagubatak (Pengelola weblog) on,

    Artikel ini benar-benar membuka cakrawala sekitar Penyanyi Halak Hita.

    Misalnya cerita tentang yang ini,….

    Kesuksesan itu tidak gampang diraih. “Saya sering menahan lapar untuk latihan bersama Iran Ambarita dan Tua Doren Situmorang”, katanya mengenai awal berdirinya Trio Amsisi yang melambungkan namanya. Juga ditambahkannya, “Saya berusaha keras mendekati keluarga Rita Butar Butar dan pihak rekaman agar bisa tampil duet dengan Rita Butarbutar.

    Tidak banyak yang tahu, termasuk saya.

    Sayang,.. Sang Legenda sudah pergi ke dunia yang lain. Dan saya belum bisa ketemu langsung dengannya seperti yang saya mimpikan dari masa saya kecil.

    Lama menunggu sambungan dari artikel ini, dari versi tahun 2008, (2008 September 7, 2008 at 3:48 am), belum ada update-an.

    Ketika saya akan membuka halaman blog ini, saya menduga topik tentang Sang Legenda “Charles Simbolon” akan sangat panjang seperti namanya yang sudah melegenda.

    OK-lah Lae berjanji (kalo bisa saya artikan sendiri) untuk menyambung lagi pembahasan artikel ini.

    Tapi sampai sekarang saya buka koq masih sama dari tahun 2008 yang lalu. Mana janjimu?

    Atau, barangkali Lae punya tautan (referensi lain) yang membahas lebih lanjut tentang penyanyi ini?

    Menunggu.

    Pakpahan

    April 5, 2012 at 6:11 am

  6. selam jalan udaku semoga diterima disisinya..

  7. hras di hamu keluarga besr carles simbolon,apala udakku mai,sai iramoty tuhany ma hita saluhutna
    jumedy sitanggang!!!paredang edang

  8. selamat jln tulang…

    semoga amal ibadah tulang di trima disisnya.

    r

    January 11, 2012 at 10:36 pm

  9. mittop muse 1 bittang ni tano batak on. Sai marhirlop ma muse akka na baru songon sinondang ni bulan tula. Selamat jalan ipar simbolon, alai lagu dohot suara mi sai tong ma nian habegean tu pudi ni ari on.
    DARI PUTRA SIPIROK/SIBADOAR DI LABURA SUM.UTARA 0821 66 65 65 08

    ramadhan pulungan

    September 6, 2011 at 6:49 pm

  10. Selamat jalan amang………………………………

    Eh...john!!!!

    August 6, 2011 at 7:45 am

  11. selamat jalan ma di hamu legendaris BATAK

    P.marpaung

    August 5, 2011 at 4:16 pm

  12. suara yang sangat merdu diperdengarkan oleh mu hingga kami mengenang, tak terasa perjuanganmu dalam hari terakhir sangat menyita perhatian, doa dan harapan dilayangkan namun Tuhan jua lah yang menentukan, selamat jalan menuju sang Khalik mu, kami selalu mengenang mu

    denny

    August 5, 2011 at 10:36 am

  13. selamat jalan, salah satu pekerja keras sejati…………………….

    wilson simatupang

    August 5, 2011 at 8:52 am

  14. Selamat jalan Lae Charles….

    maru

    August 5, 2011 at 8:17 am

  15. Selamat Jalan…Amang..Jesus Kristus menyediakan yang terbaik untuk Amang di Sorga. Dan Karya-karyamu menjadi kenangan yang indah bagi orang Batak.

    kstpjt

    August 5, 2011 at 7:59 am

  16. selamat jalan lae charles…..
    semoga kau tenang di sisinya…..

    kent

    August 5, 2011 at 7:44 am

  17. Horas Tulang ….
    saya senang kalau dengar suara tulang bernyanyi …
    cucu2 tulang juga senang bernyanyi … mereka ada bakat tuk bernyanyi sehingga mereka meminta kursus nyanyi …

    saya tidak sanggup tuk kasih mereka kursus …. membaca riwayat tulang sungguh perjalanan yang panjang … tapidi Zaman ini mana lah mungkin ada orang yang mau membantu mewujudkan keinginan cucu2 tuk jadi penyanyi.

    Hanya Tuhan Yesus lah Juru Slamat Kita

    Hendra Pasaribu

    May 19, 2011 at 7:07 am

  18. pop batak

    ferdinanfrayoga

    December 11, 2010 at 6:30 pm

  19. Horas ma di halak Tulang…????
    sai anggiat ma di pasu-pasu TUHAN ta hamu tulang asa lam tu tabo na jala ulina angka ende na binoan jala na ni ciptahon ni tulang.asa sude bangso batak marlas ni roha mambege ende ni hita halak batak on….
    hora,,,horas,,,horas,,,,

    riswan silaban

    December 4, 2010 at 10:49 am

  20. horas tulang,bagaimana kabar mudah2an sehat2 aja … aku juga senang dengan karya musik tulang….,
    oi ya tulang tanggal 12 nov anggiku nikah digorga 1 tanjung duren kalau bisa tulang datang ya kepesta adikku ya jangan lupa diajak raninya ya karena mamaku boru simbolon pande dari pangururan dan kemarin ditelepon kerumah sama tukang foto simbolon tulangnya lagi istirahat.muliate jala gabe horas.

    tumpal edison.sagala

    November 9, 2010 at 6:42 am

  21. bapak saya suka sekali dengan suara Charles Simbolon…

    mel

    July 18, 2010 at 12:28 pm

  22. Molo nga marduet dohot tio fanta pinem mambahen ende ho do na manodo, aaagoooiii aaammaaaaangggg…. tabo nai ate!

    Parhusip Martonggo

    April 12, 2010 at 6:51 am

  23. Horas Tulang, ende ni tulang tabo2 bege on doba, aha do hira2 resepna ( Rahasiana )?
    Molo adong waktu pajumpang jolo nian hita sahali..,
    manang didia do Tulang biasana sering marende?

    Pandapotan Marbun

    February 22, 2010 at 9:04 am

  24. Sukses… trus….

    Magen Sijabat

    January 25, 2010 at 7:25 am

  25. HORAS SUDE….
    —__— tulang lagu ni tulang tabo-tabo da bah.>>>
    tulang baen jolo laGU LAWAK BATAK ATE TULANG …. SIAN BOGOR
    SEMOga ma tulang sehat selalu….GBU

    fina

    January 17, 2010 at 9:44 am

  26. Kalau ada teman2 yang sedang buat album batak, saya penulis lagu rohani, sekarang tertarik menulis lagu batak, ada beberapa yang sudah jadi kalau ada yang berminat bisa hubungi saya 081288935971 dengan Kimson Sianturi

    Kimson Sianturi

    January 8, 2010 at 8:28 am

  27. horas … appara boado khabar

    alfonso nadeak

    November 22, 2009 at 1:35 am

  28. horas,boado BAPA TUA,ngasehat?unang lp martangiang.mg sukses trs…mauliate..

    martua alexander tumanggor

    November 16, 2009 at 9:06 am

  29. horas bapa tua boha ungga tamba sehat be,sai anggiat ma tamba shat ate dan selalu berkarya dan tunjukin klo simbolon itu is the besh Tuhan memberkati!!!

    mega simbolon

    October 6, 2009 at 8:29 am

  30. Maksud ise do ho tahe adalah lagu yang diciptakan Tulang Simbolon. Begini syairnya “molo sai huingot ho ito, ulini rupam dAHASIAN, TUNG TUDOS MAHO ITO IDAON TU BUNGA NAULI, TUNG MACCAI ULI DO RUPAMI TUNG MACCAI LAMBOK DO HATAMI, ISE PE ITO MARNIDA HO ITO IKKON TARPANGAN ROHA. bEGINILAH SEDIKIT SYAIR LAGU ISE DO HO TAHE BEGINI LAE. UDAH NGERT NGGAK

    lionelgultom

    September 13, 2009 at 11:10 am

  31. Tulang Simbolon duet dong ama Tulang Simorangkir rap mangendehon anak terminal dohot salendang parpadanan, ise do ho tahe

    lionelgultom

    August 21, 2009 at 11:32 am

    • aha do maksud ni sukkun2 on nuaeng?

      gulamo

      August 29, 2009 at 9:19 am

  32. sehat2 ya tulang biar bisa niptain lagu yg bagus2 krn lagu2 tulang smuanya aq suka….
    Tuhan Memberkati…..

    Ervinna br juntak

    August 20, 2009 at 4:26 am

  33. Semoga tulang tetap sehat agar bisa berduet dengan

    lionel gultom

    August 6, 2009 at 1:39 pm

  34. Maju terus… mana lanjutannya..

    LYRIC MUSIC

    July 12, 2009 at 7:41 pm

  35. maju terus…….

    downloadgratis-lyric

    July 12, 2009 at 7:37 pm

  36. Ai naso malum dope huroa lae si Simbolon? lalap ndang haidaan albumna na baru maupun Trio Ambisinya.

    daniel

    June 9, 2009 at 2:58 pm

  37. Horas ma lae

    maju terus melestarikan lagu & budaya bataks
    aku nggak pala bisa nyanyi dan kurang tertarik seni

    tapi kalo dengar suara lae simbolon ini, lain dari yang lainlah
    tinggi kali… tapi tenang aja mendendangkannya..

    sukses terus lae..(di dalam Tuhan tentunya)
    horas 3x….

    pammer sihaloho

    June 4, 2009 at 4:55 am

  38. Nang pe naung sukses amang alai ingkon Ingot onta do amang martanginang da. tu Tuhan i, asa lam anggiat ditambai pasu-pasuna tu amang. Sukses tu amang simbolon…..

    Leo Sihombing

    April 25, 2009 at 12:10 pm

  39. maju ma terus bang carles simbolon,sehat 2x selalu,panjang umur,au penggemar nasetia do au tu abang,yesus menyetai selalu.sian busmin wijaya simarmata (wijayabusmin@yahoo.co.id)

    busmin wijaya

    April 21, 2009 at 5:39 am

  40. Terima kasih ya utk perhatian nya.
    Dan sekedar informasi kalo Charles simBolon sudah seHat dan sedang merampungkan album duet dgn putrinya Rani simBolon,,ttp dukung trua ya.
    Jaya Terus musik batak
    Horas,

    Rani simbolon management

    April 14, 2009 at 7:30 pm

  41. akka na naeng kenalan tu au boi do di Hubungi di lain telp; HP Gbu”

    maludin_tamba@yahoo.co.id

    April 3, 2009 at 3:54 am

  42. ba sai anggiat lam tu succes na ho abang Charles, jala muse sai anggiat adong muse nian sian margatta na gabe terpopuler di lagu-lagu batak, Horas ma di sude hita manang na didia pe Hita maringanan, Tuhan ta perdenggan Basai ma na mangaramoti Hita saluhutna Pomparan ni PARSADAAN NAI AMBATON. alai bolo boi karang ma jolo lagu judul na; ANAK SI PARBAGAON. Botima sian ahu Kedan mu.

    MALUDIN TAMBA

    April 3, 2009 at 3:50 am

  43. karena dgar swara charles simbolon,,,,
    aq jadi suka dgn lagu batak….

    dan sampai skrang aq masih hoby mengoleksi lagu charles simbolon,,,

    Btw ada yg tau ga !!!!! nyari lagu2 lama charles simbolon…?????

    aq mo koleksi semuanya nih….

    GBU…

    robeston_682@yahoo.com

    March 28, 2009 at 3:43 pm

  44. Succes sll ya abg,aq sgt kagum dgn keindahan suara abg,aq pengoleksi lagu2 bang charles,baek itu dikategori rohani,nostalgia,pop,maupun lagu2 pop indo,apalagi kl duet ma ito Rani yg cntq.Succes sllu,ech boi do manjalo no hp ni abg+rani.Tlg jo dijrm tu son

    Esbin simbolon

    March 23, 2009 at 4:54 pm

    • Syaloom Lae Esbin Simbolon dan rekan-rekan,

      Ada yang tau lagu nya Charles Simbolon ‘Alogo Namangullus’ dulu aku punya kasetnya tapi dah hilang, gimana yah mendapatkannya lagi ada yang punya koleksi??? please help me…. thankyou before.

      GBU

      Chandra Hutauruk

      June 23, 2009 at 4:52 am

  45. horasss…..amang,sai anggiat ma lam denngan ate vokal i,binoto do ianggo simbolon i tabo2 do soarana..jala mallabab….sian au parumaen muna fai simanullang~~jgn lupa DOSA nauli yeeeee

    failador simanullang

    March 5, 2009 at 8:30 pm

  46. boha kabar bapatua,unang losok roham melestarihon batak da.semoga lam sukses tu joloan ni ari on.sian anak mu dimeran .Tumpal sidabutar.molo boi hu jalo nmr mu da bapa.on nmr hu 081260376379.horas

    tumpal sidabutar

    March 3, 2009 at 11:05 am

  47. Cepat sembuh ya…Amang
    Aku salah satu penggemar beratmu
    Rindu mendengar suara khasmu
    Biarlah Tuham memberkatimu

    John pasaribu

    February 10, 2009 at 9:41 am

  48. sukses terus ya bang aq flo aq sangat ngefens ma carles simbolon,lamtama,edy silitonga,rita butar2 sukses tarus ya jangan menyerah tunjukkan emang orang batak pintar,jago,selalu bisa ok

    floria rumapea

    January 13, 2009 at 7:26 am

  49. Ai na mantap do tarikan ni amangta simbolon on…

    Erwin Harahap

    January 8, 2009 at 5:41 am

  50. Ya.. teruskan perjuangan mu uda…

    Mauliate
    http://www.eriantosimalango.co.cc

    erianto simalango

    December 16, 2008 at 5:29 am

  51. Nunga sehat ho Amang tua…? Andigan Muse hamu ro tu Tembagapura PAPUA..?

    Ginto Ginting - Tembagapura_PAPUA. 0852-5497-6789.hp

    December 1, 2008 at 6:42 pm

  52. Horas bang ni flo dari tanah batak sekolah di malang jawa bang teruskan ya jangan nyerah

    floria

    November 26, 2008 at 8:57 am

  53. Saya penggemar berat Tulang CharLes Simbolon..Penyanyi Batak yang amat sangat kreatif. Semoga panjang umur Tulang dan tetap berkarya…

    Joeniar Sinaga

    November 18, 2008 at 11:44 am

  54. Berakit rakit kehilu, beredang- renang ke ketepian. bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang Kemudian……..

    Key!! Sukses trus buat Charles Simbolon.!!!!!!!!!!GBU

    Ingat Dosa Y Tulang!! hehehehe

    Dewi Malau

    November 3, 2008 at 4:34 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 65 other followers

%d bloggers like this: