Lagu Batak

Tentang : Artis, Pencipta, Musisi, Produser, Penikmat, Syair

Trio Interna

with 2 comments

“ini medan kawan!”.

Kemajuan tehnologi rekaman membawa keberuntungan bagi trio trio batak, termasuk dengan kehadiran trio yang satu ini, tanpa kemajuan tehnologi tersebut mungkin trio ini akan memilih tinggal di Jakarta dibanding dengan Medan, seperti terjadi beberapa tahun sebelumnya, trio trio yang berada di Jakarta saat ini adalah umumnya berasal dari Kota Medan, biasanya mereka mengasah kemampuan dahulu di kota Medan, setelah mereka menganggap sudah mampu untuk meniti karir dalam tarik suara, mereka akan memutuskan untuk pindah ke Jakarta untuk dapat meningkatkan karir dalam dunia rekaman.

Interna Trio beranggotakan Sungkono Gultom, Edward Manullang dan Erick Manullang, sebelumnya mereka adalah anggota dari 2 trio yang ada di Kota Medan, namun seperti lazimnya trio yang eksis walaupun mereka membawa 2 bendera yang berbeda, tapi sesekali mereka juga bertemu untuk bekerja bersama dalam suatu perhelatan untuk bernyanyi, istilahnya seseorang dapat di’cabut’ dari trio yang lain untuk mengisi salah satu acara, jika kita berpikiran positif hal ini kadan ada baiknya juga dilakukan oleh trio yang ada, hanya sekedar menguji perpaduan suara dan kekompakan.

Asal muasal mereka membentuk Interna Trio ini cukup unik dan perlu menjadi perhatian bagi trio lainnya, sebutlah seorang produser sedang mencari trio dengan vocal yang diharapkan untuk mengisi beberapa lagu yang akan dimasukkan dalam album bentuk kompilasi, sebelumnya produser telah merapungkan 3 (tiga) lagu dengan trio yang berbeda, namun bentuk dan ciri yang diharapkan belumlah sesuai dengan harapan, namun pada waktu yang bersamaan Erick Manullang bertemu dengan sang produser, setelah produser mengutarakan niat untuk mencari bentuk vocal yang diinginkan, Erick Manullang tersenyum sambil menceritakan bahwa memang dia sedang memikirkan untuk membawa rekannya Sungkono Gultom untuk diperkenalkan yg sebenarnya bukan satu group dengannnya, akhir cerita Sungkono Gultom telah tiba di studio untuk mengikuti tahap pengenalan vocal yang dimaksud, dan Edward Manullang yang sebelumnya memang 1 group dengan Erick MAnullang telah distudio sebelumnya.

Setelah “take vocal” dilakukan, produser sekaligus yang bertindak menata mereka pada saat take vocal terkagum kagum atas ciri khas perpaduan vocal dari ketiga orang tersebut, menurut pengakuannya lagu yang mereka bawakan sangat memenuhi karakter lagu yang telah disediakan. tidak ayal lagi setelah selesai pengisian vocal satu lagu [Sulangan Mangan cipt. Robert Marbun] sang produser langsung memerintahkan untuk pengambilan vocal untuk lagu kedua [Cinta Hian cipt. William Naibaho], dan seterusnya untuk lagu ke 3 [Saputangan Namarsulam Goar Mi cipt. Jack Marpaung], maka praktis pengisian vocal untuk album kompilasi yang dimaksud sebanyak 3 lagu dirampungkan dalam waktu yang relatif singkat, tidak lebih dari 8 [delapan] jam. Suatu prestasi yang mengagumkan bagi trio yang belum pernah masuk dalam dapur rekaman.

Setelah merampungkan pengisian vocal tersebut, sang produser melakukan pembicaraan singkat bagaimana dan apa tujuan album ini, dan mencari kesepakatan apakah trio ini memiliki ikatan dalam bentuk pribadi atau group dengan orang lain, jika tidak maka ditawarkan untuk bergabung dalam wadah yang sama dengan nama baru, ketiga personil ini dengan segera mengisyarakan persetujuannya, maka pada saat itu juga diadakan ‘gentlement agreement’ pembentukan dengan nama baru yang akan ditabalkan kemudian. Pada saat itu juga produser meminta ketiga personil untuk meluangkan waktu mereka besok paginya untuk mencari dan membeli kostum/pakaian guna untuk diadakan pengambilan visual [shooting klip] dan kemudan sore hari akan berangkat ke lokasi shooting. Sang produser ternyata sudah mempersiapkan ini dengan cepat. Setelah selesai pengambilan visual, mereka juga menyampaikan niatan bahwa mulai saat ini mereka akan bergabung dan merasa cocok untuk group baru, maka sang produser memberi nama baru “Interna Trio’.

Hasil dari semua cerita diatas anda bisa temui dalam album yang disebut “BPK” [Batak Populer Kompilasi] terdiri dari 4 trio batak, diantaranya Persada Trio, Rajumi Trio, Interna Trio dan Simanjuntak Stars. Album ini cukup dipandang dan dapat dikatakan sukses dalam penjualan kaset diera lesunya peredaran VCD batak saat ini.

Setelah sukses dalam album bentuk kompilasi, maka produser kembali membuat suatu rancangan untuk membentuk mereka dalam satu album penuh, 3 bulan berikutnya maka mereka telah melakukan pengisian vocal untuk satu album penuh dengan lagu lagu yang telah dipersiapkan oleh produser. Kabarnya album tersebut juga cukup diterima di keramaian pasar. Terlebih dalam Album Vol.1 yang mereka terbitkan baru baru ini disamping lagu lagu baru yang mereka bawakan adalah dari pencipta papan atas, dan vocal mereka cukup prima mengimbangi kekayaan notasi dalam lagu tersebut.

Sang produser mencium dan melihat harapan yang terdapat dalam trio ini, maka untuk meyakinkan kedua belah pihak, maka diadakan pembicaraan bahwa trio ini akan diadakan ikatan kontrak untuk pertama kali dalam masa waktu 3 [tiga] tahun, hal tersebut diterima dan disepakati dengan baik oleh ketiga personil dan produser.

Jika kita bisa menilai satu trio dengan oplah VCD yang beredar, saya sangat berkepentingan menyampaikan bahwa Interna Trio sudah mendapat tempat dihati para penikmat lagu batak, dengan bukti tidak kurang dari 50.000 keping VCD [album kompilasi dan album vol.1] dalam waktu relatif singkat mereka telah memiliki pasarnya, dan merekalah salah satu trio yang dipertimbangkan saat ini di Kota Medan.

About these ads

Written by lagubatak

September 29, 2012 at 7:02 pm

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. horas ,buat trio interna. Sukses terus ..semangat.,kami juga ikut mendukung trio interna. Menjadi trio yang di senangi masyarakat khusuny masyrakat batak. Budayakan budaya batak. horas, Tuhantai ma mandongani hamu nang hta saluhtna.

    riyanto

    June 9, 2013 at 4:12 am

  2. Horas..sy suport buat trio INTERNA.kalo mo bikin album rohani, sya ada stok lagu2nya; brgkali kita bisa joint.sukses terus buat Interna…

    yosepragil

    October 22, 2012 at 12:04 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 65 other followers

%d bloggers like this: