Lagu Batak

Tentang : Artis, Pencipta, Musisi, Produser, Penikmat, Syair

Poda

with 28 comments

Angur do goarmi anakkon hu (nama mu sungguh harum anakku)
Songon bunga bungai nahussusi (seperti bunga bunga yang indah itu)
Molo marparange na denggan doho (jika kau memiliki kepribadian baik)
Diluat nadaoi (ditempat mu yang jauh)
Jala ikkon ingot doho (dan ingat lah selalu)
Tangiang mi do parhitean mi (doa adalah salah satu landasan)
Dingolumi da tondikku (kehidupan mu oh anak kesayangan ku)

Unang sai mian jat ni rohai (jangan pelihara iri dengki)
Dibagasan rohami (didalam hati mu)
Ai ido mulani sikka mabarbar (karena itu adalah permulaan malapetaka)
Da hasian (oh anakku)
Ikkon benget do ho marroha (engkau harus tawakal hati)
Jala pattun maradophon natua tua (dan hormat kepada orang-orang tua)
Ai ido arta na ummarga i (karena itu adalah harga yang termahal)
Dingolumi (dalam kehidupan mu)

Reff.
Ai damang do sijujung baringin (engkaluah adalah penerus tahta)
Di au amang mon…. (bagi ku orang tua mu)
Jala ho do amang silehon dalan (dan engkaulah si perintis jalan)
Dianggi ibotomi
(bagi adik adik mu ini)
Ipe ingot maho amang
(dang ingat lah selalu)
Dihata podakki
(seluruh petuah ku ini)
Asa taruli ho amang
(agar kau mempunyai kehidupan)
Disihadaoani
(di tempatmu yang jauh)

Molo dung sahat ho tu tano parjalangan mi (kalau kau sudah tiba di tempat tujuan mu)
Marbarita ho amang
(berikan kami berita mu)
Asa tung pos rohani damang nang dainang mon
(agar hati kami tidak was was)
Ditano hatubuan mi
(ditanah kelahiran mu ini)

—————–

Lagu ini ciptaan Tagor Tampubolon, pertama dipolulerkan oleh Eddy Silitonga pada awal 80an, banyak aspek yang membuat lagu ini populer, notasi, alur cerita dan range tone yang tidak begitu sulit untuk dinyanyikan oleh siapa pun.
Lagu ini beberapa kali memboyong piala, apabila ada perlombaan Karya Cipta Lagu Batak.

horas,
bj

About these ads

Written by lagubatak

February 23, 2009 at 6:18 am

Posted in Uncategorized

Tagged with , , , ,

28 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Aku pertama kali dengar lagu ini waktu mendengar lagu2 milik pacarku. Aku tahu arti lagu ini juga dari dia. Sekarang setiap dengar lagu ini aku jadi ingat sama dia. Lagu yg indahh, tak pernah merasa bosan menyanyikannya walau aku bukan org batak..

    rusdi

    September 3, 2012 at 7:39 am

  2. sampai merinding dengar lagu ini.

    Riyanti Nainggolan

    August 22, 2012 at 5:27 am

  3. SUdah sepuluh tahu aku nyari sebuah lagu yang sampai sekarang belum ketemu mkarena aku gak tahu judul dan pencipta lagunya…..cuma aku tahu awal bait pertama…seperti ini…” tudia na ma au lao….tudia na ma au lao…to dolok na na na na..” mohon bantuannya rekan rekan

    hengki sarilan simanjuntak

    July 29, 2012 at 6:40 am

  4. Merinding..Merinding Banget stlh denger lagu ini, salute to Edo Kondologit dan Vicky Sianipar..

    Arthur Sir Egar

    July 4, 2012 at 6:09 pm

  5. Ga bisa bicara apapun..

    jco banz

    March 19, 2012 at 10:18 pm

  6. Ada perasaan yang beda saat dengar lagu ini//
    :)D

    Maruli

    March 15, 2012 at 1:53 pm

  7. luar biasa arti dari lagu ini ^_^

    Reinhart sihotang

    February 18, 2012 at 5:45 am

  8. tapi yg lebih salut Lagu ini bs dinyanyikan oleh Edo kondologit yg bukan orang Batak… :)

    liabluemyheart

    October 25, 2011 at 9:21 am

  9. mangstab

    dotnex

    October 2, 2011 at 10:58 am

  10. horas….. enggan nai jo lagu on….

    frenky simatupang

    August 25, 2011 at 7:59 am

  11. bang juntak
    kalo bs, lagu ini dikaitkan dgn lagu sejenisnya, biar kita juga tw lagu batak yg sealiran dan mirip2 kyk gini

    misalkan lagu ini setema dgn ANAKKU NA BURJU ato BORHAT HO DAINANG

    bgitu juga lagu2 tema yg lain
    skalian link buat donlodnya, misalkan di 4shared.com
    biar makin rame dan cocok dgn nama blognya :)

    maik buaya

    August 3, 2011 at 12:42 pm

  12. lagunya asli kren abis, walau gw bukan orang batak skalipun, tapi lagunya bikin tenang n rileks !!!!

    Bucek_A320

    May 9, 2011 at 2:33 pm

  13. bagus lagunya aku suka :)

    christin

    February 1, 2011 at 4:58 am

  14. aq bukan suku batak. tapi aq lahir d medan. aq suka x lagu ini. sumpah mati. suka x. edo ft viky is the best. aq tggu lagu2 batak berikutnya yg di nyanyikan oleh edo ft viky. kl bisa juga dengan artis2 solo yg lain. suatu kehormatan bagi kita anak medan khususnya batak, lagu batak di arransmen ulang dengan artis2 lain. kl ada yg bs berhubungan langsung dengan bang viky, tolong sampaikan usulan ini.

    putra

    October 25, 2010 at 5:01 am

  15. jangan sia siakan orang tua kalian selagi ada, karena orang tua bagi saya adalah titipan Tuhan yang sangat indah. dari lagu ini saya mendapatkan banyak pelajaran, semoga seluruh orang tua didunia bisa merasakan kebaikan dari semua anaknya dan dari Tuhan. thanks my dad and mom, thanks God.

    boni marlen

    October 20, 2010 at 11:57 am

  16. wg saku lagu2 batak juga bahasanye apalagi kebudayaannye. dalam lagu ini sungguh kena banget sama hati gw. dan dalam satu acara gw bawain lagu ini tiba2 ada ibu2 orang batak mengalungkan kalung dileher gw Pada saat itu hati gw bercampur haru dan bahagia. terima kasih Inang Tuhan jaga dan lindungi dimana saja inang berada. Love Song Batak.

    jimmy dasilva

    September 25, 2010 at 5:42 pm

  17. Lagu itu dinyanyikan inang
    Waktu melepasku sekolah ke Jawa
    dan sekarang aku udah
    bisa menjadi orang sesuai dengan yang dicita2kan amang dan inangku…
    Horas…

    Amir regar

    September 5, 2010 at 6:13 am

  18. wah bagus kli lah lagu nya ,……….

    cocok buat aq lagu nya ………

    krna aq adalah anak yg nakal atau mandal ……….

    aq mendengar lagu nya ini aq mau nangis…….

    aq dah tw makna nya lagu ini……….

    Andi Hermanto Siburian

    July 1, 2010 at 5:55 am

  19. tak lupa ku menetekkan air mata saat merimangi lagu ini. apalagi versi Viky Sianipar feat. Edo Kondologit..

    Silitonga

    March 15, 2010 at 3:58 am

  20. aq suka banget lagu ne..
    sangat dalam maknany..
    dan g akan bosan utk d dengar.
    edo + vicki (duet maut yg keren abs)
    d tggu krya brikutny.
    Gbu

    natal

    March 1, 2010 at 10:17 am

  21. ckckckck..

    Poda ni na AMANG DOHOT INANG i do Na mambaen
    hita Sukses Hahahahahaha

    kenak X Bwt Aku yg memang bandal

    samuel siburian

    February 22, 2010 at 1:31 pm

  22. kena bner klo dngr lgu ini!
    vicky ft edo!mantab bner y,.
    apa lg jd ank panggoaran, pahopu panggoaran pula!

    iwan lmbn toruan

    February 22, 2010 at 12:47 pm

  23. Say juga sangat suka dgn lagu Poda yg di bawakan Victor Huta Barat..tp lagu sekamin bermakna dan semakin jelas keindahannya setelah dinyanyikan Edo kondologit, Vicky Sianipar emank jagonya aransemen….Horas

    Sofie Lbn Gaol

    February 1, 2010 at 4:49 am

  24. Mantap ini lagu… Aku sering nangis kalau dengar… Apalagi kalau yang nyanyi Edo Kondologit, di album Toba Dream 3 nya Viky Sianipar…

    Purba hun Pematang

    January 22, 2010 at 3:39 pm

  25. ago amang
    gabe tangis au molo mambege ende on

    c siagian

    November 30, 2009 at 8:22 am

    • Sama. Selalu terharu dan teringat kata2 orang tua. Hidup di rantau terkadang lupa “daratan” beruntung bisa mendengar lagu ini. Selalu ada pengingat, kalau sukses kita krn bimbingan orang tua kita :)

      D. Sinaga

      September 16, 2011 at 6:35 am

  26. [...] Poda [...]

  27. Saya ingin mendapatkan foto Pencipta lagu Podani Dainang: Tagor Tampubolon. Bila ada tolong dikirim ke e-mail: johannes_rpr@yahoo.com. Terima Kasih.

    Lae Johannes,
    wah, permintaan lae agak susah untuk dipenuhi, tapi ada saran…. jika lae punya kesempatan untuk membeli VCD, ada beberapa album VCD yang memuat foto beliau, selamat mencari.

    Johannes Ritonga

    September 29, 2009 at 11:28 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 64 other followers