Lagu Batak

Tentang : Artis, Pencipta, Musisi, Produser, Penikmat, Syair

Trio Maduma

leave a comment »

 

Saya sebenarnya tidak percaya sewaktu ada teman yang setengah bergurau mengatakan bahwa MADUMA itu adalah singkatan, karena jauh sebelum program pemerintah setempat tapanuli utara mengumandangkan Martabe, Maduma dan yang lainnya, nama Trio Maduma sudah cukup tersohor diseluruh pelosok tapanuli dan nahumaliangna (termasuk daerah perantauan yang didominasi penduduk orang batak).

Teman saya mencoba memberi pengertian apa arti Maduma, dia sebut : MArende DUngi MAngan (MADUMA), saya tidak begitu ambil pusing dan serius untuk menanggapi, tetapi pada pertengahan perbincangan, teman ini menjelaskan kedekatannya dengan para personil Maduma : Johny Manurung, Tigor Panjaitan dan Anton Siallagan.

Konon sewaktu mereka sebelum setenar yang pernah ada, ketiga penyanyi ini sangat rajin mengunjungi tempat tempat hiburan yang ada di Jakarta, namun ada beberapa tempat hiburan yang didominasi orang orang batak berduit dan suka dunia malam saat itu. Trio Maduma kerap terlihat disana dengan cara mendekatkan diri dengan para tamu, agar suatu ketika mereka dimasukka dalam daftar atau diundang pada acara acara pesta untuk orang batak. Namun mereka tidak secara resmi sebagai penyanyi dalam cafe/restoran itu.

Bisa dimaklumi pada saat mereka belum setenar saat ini, cukup sulit untuk menunjukkan existensi mereka sebagai penyanyi jika mereka tidak difasilitasi oleh panggung yang memadai, maka demi untuk menyambung hidup dan kepentingan seni yang mengalir dalam tubuh mereka masing masing. Maka sangat sering mereka tidak mendapatkan uang untuk makan jika mereka tidak menyanyi terlebih dulu, apabila mereka telah bernyanyi maka dari hasil saweran dan angpaw mereka bisa untuk membeli makan. Itulah cerita yang pernah saya dengan dari teman saya, dan saya tidak pernah berusaha untuk mendapatkan pembenaran dari beberapa personil diatas.

Yang saya ketahui, bahwa Trio Maduma telah mengisi kancah dunia lagu batak mereka telah berhasil menggoreskan tinta hitam kepada lembaran dunia seniman lagu batak sampai saat ini. Sungguh banyak yang mengidolakan penampilan mereka, terutama khas suara yang dimiliki Johny Manurung si penyanyi serba bisa pada saat saat dia masih di usia produktive. suaranya tak tertandingi dan sangat menggugah yang jarang dimiliki oleh penyanyi pada saat itu.

Saat ini Trio Maduma tetap eksis untuk mengisi acara acara bagi para penggemar beratnya, tidak jarang mereka diundang ke daerah daerah tertentu, antara lain Pekanbaru, Medan dan Batam, karena dipastikan sudah banyak orang orang batak yang sukses saat ini yang dulunya sebagai penggemar berat Trio Maduma.

Bocoran yang berhasil kami dapatkan, bahwa tehnik rekaman yang dilakukan Trio Maduma, cukup unik dan sungguh hal baru saat itu dalam dunia lagu batak, mereka dapat menyajikan formasi 4 jenis suara walaupun mereka bernyanyi hanya 3 orang, secara tehnis hal ini tidak mencengangkan, namun bagi pendengar biasa, sampai saat ini masih tetap penasaran apa sebenarnya yang terjadi pada penampilan rekaman Trio Maduma.

Tidak ada salahnya untuk memberikan applaus yang agak berlebihan untuk group ini, mereka mampu untuk menggugah perilaku pendengar dari lagu lagu yang mereka bawakan, hampir sama persis dengan penampilan penyanyi penyanyi dunia tentu dalam porsi yang berbeda.

Contohnya, saat mereka menyanyikan lagu “Ulos Sirara”, banyak pendengar yang merasa sudah memiliki umur yang dewasa, terhanyut dalam perasaan sedih hanya karena lirik lagu yang mereka bawakan, yang pada intinya adalah bagaimana seorang ibu mengirimkan Ulos kepada anak paling tua, hanya karena adiknya telah lebih daulu menikah dari yang sulung. maka terjadi eksodus perkawinan yang begitu mencengangkan pada saat itu.

bersambung…………….

About these ads

Written by lagubatak

December 15, 2008 at 7:34 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 64 other followers

%d bloggers like this: